Perancangan Media Pembelajaran Layanan Komputasi Awan Berbasis Android Pada SMK Islam Bina Khalifah Bangsa
Abstract
Media pembelajaran merupakan perantara yang penting dalam memudahkan proses penyampaian belajar mengajar agar lebih meningkatkan efektifitas komunikasi antara tenaga pendidik dan peserta pendidik. Sayangnya, tidak banyak tenaga pendidik yang memanfaatkan smartphone sebagai media pembelajaran yang efektif kepada peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan metode SDLC (Software Development Life Cycle) dengan menggunakan model waterfall. Bahasa yang digunakan dalam perancangan aplikasi antara lain HTML, CSS, Javascript yang mana apabila sudah menjadi struktur yang saling terhubung, maka akan dilakukan perubahan menjadi aplikasi yang dapat terinstall di smartphone android. Untuk merubah struktur program menjadi android dibutuhkan software yang bernama Website 2 APK Builder. Hasil penelitian ini menyatakan dengan adanya aplikasi media pembelajaran berbasis android dapat membantu tenaga pendidik dalam kegiatan belajar-mengajar. Dampak dari perancangan media pembelajaran berbasis android yaitu menjadi lebih inovatif dalam kegiatan belajar-mengajar.
Downloads
References
M. F. S. Sidik, “Impelementasi Model Waterfall pada Media Pembelajaran Pengenalan Angka dan Huruf Berbasis Android,” 2019.
I. P. Astuti, D. Ariyadi, and L. Sumaryanti, “Prototipe Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Membaca Permulaan,” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, vol. 11, no. 1, pp. 151–156, 2020.
M. Imammuddin and R. Rosnelly, “Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Tanaman Herbal Berbasis Android,” IT (Informatic Technique) Journal, vol. 9, no. 2, pp. 130–141, 2021.
R. Sapitri and M. Adri, “Pengembangan Media Pembelajaran Administrasi Sistem Jaringan Berbasis Android,” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), vol. 9, no. 1, pp. 190–198, 2021.
M. Zulfadhilah and N. Hidayah, “Aplikasi Penyusunan Ikatan Kimia Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran,” Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika, vol. 6, no. 1, pp. 37–44, 2019.
I. P. Astuti, E. F. Romawati, and I. Widaningrum, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile Pengenalan Huruf Jawa (Aksara Jawa) Berbasis Android,” Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), vol. 1, no. 2, pp. 93–100, 2020.
Y. Saviraningsih and D. Aribowo, “Pengembangan Media Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Android Pada Program Keahlian Teknik Mekatronika di SMK Negeri 1 Kota Cilegon.,” JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), vol. 8, no. 2, pp. 299–307, 2022.
R. Setiawan, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Android Tanpa Coding Semudah Menyusun Puzzle,” Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi, vol. 2, no. 2, 2020.
Y. F. Basya, A. F. Rifa’i, and N. Arfinanti, “Pengembangan mobile apps android sebagai media pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi pemahaman konsep,” Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2019.
Y. Irawan, “APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN HURUF DAN ANGKA UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS DI PAUD PARAHYANGAN),” Jurnal Ilmu Komputer, vol. 11, no. 1, pp. 30–34, 2022.
A. P. Irawan, C. Amigo, R. E. Susandy, S. Lestari, H. Yermadona, and E. Bastian, “PERANCANGAN APLIKASI UMSTATIKA BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI STATIKA TERTENTU,” Ensiklopedia Research and Community Service Review, vol. 2, no. 1, pp. 34–39, 2022.
M. A. W. Sinyo, “Pengembangan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Penulisan Daftar Pustaka Karya Ilmiah Berbasis Android Menggunakan Appsgeyser,” in Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK), 2019, vol. 2, no. 1, pp. 23–30.
F. E. E. Kusuma, M. B. Setyawan, and I. A. Zulkarnain, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Aksara Jawa Di Sdn 1 Sidorejo Ponorogo,” KOMPUTEK, vol. 3, no. 1, pp. 61–67, 2019.
L. Mubarokah and M. A. Aziz, “Pembuatan Media Pembelajaran Bangun Ruang Matematika Berbasis Android untuk Siswa Kelas 6 SD Negeri 1 Karangsambung Menggunakan Metode Waterfall,” JURISTIK (Jurnal Riset Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 1, no. 01, pp. 27–37, 2021.
I. Afrianto, M. F. Irfan, and S. Atin, “Aplikasi Chatbot Speak English Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android,” Komputika: Jurnal Sistem Komputer, vol. 8, no. 2, pp. 99–109, 2019.
D. Setiawan, A. Hafidu, M. Fahmi, and A. Saifudin, “Perancangan Sistem Penggajian Tenaga Harian Lepas pada PT Srikandi Nusantara Jaya,” vol. 7, no. 2, pp. 2622–4615, 2022, doi: 10.32493/informatika.v7i2.22047.
A. Nurmaya and A. C. Nugroho, “RANCANG BANGUN APLIKASI PENGGAJIAN PADA BAKMI NAGA RESTO MAL BOEMI KEDATON.”