Perancangan dan Implementasi Sistem E-Commerce berbasis Web pada UMKM Al Haadziq di Kabupaten Malang
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia memberi dampak signifikan terhadap keberlangsungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Namun, pandemi juga mendatangkan peluang kepada pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai support sytem bagi usahanya. Al Haadziq Team merupakan UMKM yang bergerak di bidang penjualan produk perawatan kulit. Selama ini, promosi dan transaksi penjualan produknya dilakukan melalui media sosial yaitu aplikasi WhatsApp. Untuk memperluas jangkauan pemasaran, pada kegiatan ini dirancang dan dibangun sebuah sistem e-commerce berbasis web yang diharapkan dapat menjadi media pemasaran yang strategis. Metode pelaksanaan diawali dengan analisis persoalan, pembuatan dan pengujian website. Analisis situasi dilakukan melalui observasi dan wawancara kepada pengguna. Selanjutnya, dilakukan rancang bangun aplikasi web dengan fitur-fitur antara lain manajemen katalog dan pemesanan produk. Berdasarkan hasil pengujian, disimpulkan bahwa web e-commerce telah sesuai dengan pengguna.
Downloads
References
N. J. Shaid, “Pengertian UMKM, Kriteria, Ciri, dan Contohnya,” Kompas, 2022.
F. R. A. Bukit, G. G. A.S, Irvan, and Fahmi, “Pembuatan Website Katalog Produk Umkm Untuk Pengembangan Pemasaran Dan Promosi Produk Kuliner Website Creation Product Catalog Msmes For Marketing And Promotion Development Of Culinary Products,” J. Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 229–236, 2019, doi: http://dx.doi.org/10.30595/jppm.v3i2.4317.
S. S. Riadi, A. Heksarini, D. Lestari, S. Maria, S. Zainurossalamia, and R. Yudaruddin, “The Benefits of e-Commerce before and during the Covid-19 Pandemic for Small Enterprises in Indonesia,” WSEAS Trans. Environ. Dev., vol. 18, no. January, pp. 69–79, 2022, doi: 10.37394/232015.2022.18.8.
R. Komalasari, “Pembangunan Prototype Aplikasi Mobile Android Untuk Mendukung Sistem Penjualan Dan Promosi Umkm Jihaz Toys,” J. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 7, no. 2, pp. 140–146, 2020.
D. L. Warganegara and R. B. Hendijani, “Factors That Drive Actual Purchasing of Groceries through E-Commerce Platforms during COVID-19 in Indonesia,” Sustain., vol. 14, no. 6, pp. 1–21, 2022, doi: 10.3390/su14063235.
K. Nurjaman, “Pemberdayaan E-Commerce di Kalangan Pelaku UMKM di Indonesia,” J. Abdimas Perad., vol. 3, no. 1, pp. 34–40, 2022, doi: 10.54783/ap.v3i1.6.
A. D. Evasari, Y. B. Utomo, and D. Ambarwati, “Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri,” Cendekia J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, p. 75, 2019, doi: 10.32503/cendekia.v1i2.603.
Welnof Satria, Zelvi Gustiana, and Jhon Simon, “Pembuatan dan Pelatihan Web Sebagai Media Promosi pada UMKM Wedding Organizer Putri Hantaran Medan,” JURPIKAT (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 2, no. 2, pp. 39–47, 2021, doi: 10.37339/jurpikat.v2i2.630.
M. Syarif, Latifah, Ardiyansyah, and W. Nugraha, “Pengabdian Kepada Masyarakat Mengenai Pemanfaatan Sistem Informasi Penjualan Rumah Bersubsidi Berbasis Online,” J. Empower., vol. 2, no. 2, pp. 210–222, 2021, doi: https://doi.org/10.35194/je.v2i2.1848.
K. K. dan Informasi, “Kominfo Dorong Pemanfaatan TIK untuk Sektor UMKM,” 2020. https://kominfo.go.id/content/detail/31405/kominfo-dorong-pemanfaatan-tik-untuk-sektor-umkm/0/berita_satker (accessed Jun. 17, 2022).
K. K. dan U. R. Indonesia, “Data UMKM,” 2022. https://satudata.kemenkopukm.go.id/kumkm_dashboard/ (accessed Dec. 01, 2022).
V. Khatavkar and P. Kulkarni, Comparison of support vector machines with and without latent semantic analysis for document classification, vol. 808. Springer Singapore, 2019. doi: 10.1007/978-981-13-1402-5_20.
G. R. Morales and J. P. Benedí, “Towards a reference software architecture for improving the accessibility and usability of open course ware,” ACM Int. Conf. Proceeding Ser., vol. Part F1305, pp. 35–38, 2017, doi: 10.1145/3129790.3129796.
B. Ghaddar and J. Naoum-Sawaya, “High dimensional data classification and feature selection using support vector machines,” Eur. J. Oper. Res., vol. 265, no. 3, pp. 993–1004, 2018, doi: 10.1016/j.ejor.2017.08.040.
R. S. Sisfor, “Perancangan dan Implementasi Sistem E-Commerce pada UMKM Batik di Kabupaten Jombang,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 36–43, 2019, doi: 10.31849/dinamisia.v3i1.2061.
P. B. Ramadhanu and A. T. Priandika, “Rancang Bangun Web Service Api Aplikasi Sentralisasi Produk UMKM Pada UPTD PLUT KUMKM Provinsi Lampung,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 59–64, 2021, doi: https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i1.609.
W. A. Prabowo and C. Wiguna, “Sistem Informasi UMKM Bengkel Berbasis Web Menggunakan Metode SCRUM,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 1, p. 149, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i1.2604.
J. Samodra, A. S. Pahlevi, and Y. A. L. Hermanto, “Pasar Desa Digital Berbasis Web Sebagai Media Promosi Bagi Umkm,” J. KARINOV, vol. 2, no. 3, p. 177, 2019, doi: 10.17977/um045v2i3p177-180.
T. R. Rivanthio, “Perancangan Website E-Commerce Rikas Collection,” J. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 7, no. 2, pp. 186–195, 2020.
Y. Azzery, “Analysis of E-commerce Growth in the Industrial Age 4.0 in Indonesia,” Int. J. Eng. Contin., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2022, doi: 10.58291/ijec.v1i1.33.
Y. Bai and H. Li, “Mapping the evolution of e-commerce research through co-word analysis: 2001–2020,” Electron. Commer. Res. Appl., vol. 55, no. November 2021, p. 101190, 2022, doi: 10.1016/j.elerap.2022.101190.
A. Esfahbodi, G. Pang, and L. Peng, “Determinants of consumers’ adoption intention for blockchain technology in E-commerce,” J. Digit. Econ., vol. 1, no. 2, pp. 89–101, 2022, doi: 10.1016/j.jdec.2022.11.001.