Sistem Informasi Layanan Pengaduan Berbasis Web Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Informasi Kecamatan Lubuk Begalung

  • Jumadhil Nur Padillah Politeknik LP3I
  • M Syahputra Politeknik LP3I
Keywords: layanan pengaduan, pelayanan publik, sistem informasi, web

Abstract

Sistem Informasi Layanan Pengaduan Berbasis Web adalah sebuah inovasi teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik di Kecamatan Lubuk Begalung. Dalam era digitalisasi, pemanfaatan teknologi informasi dapat mempermudah dan mempercepat proses pengaduan masyarakat serta memberikan akses yang lebih luas terhadap informasi terkait pelayanan publik. Sistem ini dirancang untuk memfasilitasi proses pengaduan yang efektif dan efisien, sehingga meminimalisir hambatan dan kendala dalam mengakses pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kebutuhan pengguna, perancangan sistem, pengembangan aplikasi berbasis web, dan evaluasi pengguna. Diharapkan bahwa dengan adanya sistem informasi layanan pengaduan berbasis web ini, proses pengaduan dan penyelesaian masalah pelayanan publik di Kecamatan Lubuk Begalung dapat lebih transparan, cepat, dan akurat. Pemerintah daerah dapat menggunakan data yang terkumpul dari sistem ini untuk melakukan analisis kebutuhan masyarakat dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Setriyani, W.A., 2022. Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pengaduan Masyarakat Lapor Hendi Tahun 2021. Jurnal Riptek. 16(2). 90-96.

Valentino, R., et.al., 2022. Inovasi Pelayanan Melalui Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Interaktif Terpadu (Lapsit) Terhadap Penanganan Gangguan Ketertiban dan Keamanan Masyarakat di Satpol PP Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(4).

Romadona, S., 2020. Aplikasi Layanan Pengaduan Masyrakat Pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Menggunakan Metode Extreme Programming (XP) Berbasis Web.

Setiawati, N.A., 2018. Koordinasi Antar Instansi Dalam Inovasi Layanan Pengaduan Darurat Command Center 112 Di Kota Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik. 6(1).

Dwi Anggraeni, B.P., 2018. Peranan Hubungan Masyarakat (HUMAS) Ombudsman Republik Indonesia Dalam Mensosialisasikan Layanan Aspirasi Pengaduan Praktik Maladministrasi.

Laibah, D.L., 2019. Efektivitas Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor!) Di Dinas Komunikasi Dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Bandung Tahun 2019.

Fatimah, Samsudin. 2019. Perancangan Sistem Informasi E-jurnal Pada Prodi Sistem Informasi Di UNIVERSITAS Islam Indragir. Jurnal Perangkat lunak. 1(1)

Heriyanto, Y. 2018. Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT. APM Rent Car. Jurnal Intra-Tech. 2(2): 64-77.

Amarudin & Sofiandri, A. 2018. Perancangan dan Implementasi Aplikasi Ikhtisar Kas Masjid Istiqomah Berbasis Dekstop. Jurnal Tekno Kompak. 12(2). 53. Bandar Lampung:Universitas Teknokrat Indonesia.

Ayu, F, & Permatasari, N. 2018. Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data PKL Di Devisi Humas Pada PT. Pegadaian. Jurnal Intra-Tech. 2(2).
Published
2024-04-30
How to Cite
Jumadhil Nur Padillah, & M Syahputra. (2024). Sistem Informasi Layanan Pengaduan Berbasis Web Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Informasi Kecamatan Lubuk Begalung. Jurnal Sains Dan Teknologi Informatika, 2(1), 71-76. https://doi.org/10.38204/jsti.v2i1.1858