Efektifitas Antrian Pengambilan Obat pada Instalasi Rawat Jalan Menggunakan Metode Single Channel Single Phase (Studi Kasus di RSUP Dr. M. Djamil Padang)

  • Akbar Sulaiman Politeknik LP3I Kampus Padang
  • M. Syahputra Politeknik LP3I
Keywords: Efektifitas, Antrian, Obat, Single Channel Single Phase

Abstract

Antrian merupakan aktivitas menunggu yang membosankan. Masalah antrian berhubungan dengan efektifitas, jika antrian panjang, maka akan mengganggu kenyamanan pelayanan kepada Pasien. Hal ini terjadi saat pengambilan obat pada Instalasi Rawat Jalan, antrian terjadi disebabkan fasilitas pelayanan tidak sebanding dengan jumlah Pasien yang datang. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan pelayanan yang efektif terhadap Pasien sehingga dapat mengurangi antrian yang terjadi. Data yang diolah sebanyak 352 Pasien yang sumbernya berasal dari petugas pelayanan Obat Instalasi Rawat Jalan RSUP Dr. M. Jamil Padang. Metode yang digunakan dalam mengolah data adalah Single Channel Single Phase. Hasil dari pengujian terhadap metode ini adalah tingkat kesibukan Petugas tertinggi sibuk melayani pengambilan obat Pasien sebesar 218 %, jumlah pasien terbanyak menunggu pasien dalam antrian adalah 12 orang, jumlah pasien paling banyak menunggu dalam sistem adalah 13 orang, waktu menunggu terlama pasien dalam antrian adalah 27,85 menit, dan waktu menunggu paling lama dalam sistem adalah 30 menit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ary, M. (2018). Pendekatan Teori Antrian Single Channel Single Phase Pada Pelayanan Administrasi. Jurnal Infotronik, 3(1), 21–27. Retrieved from jurnal.usbypkp.ac.id/index.php/infotronik/article/download/85/82

Devi Yuliana, Julius Santony, & Sumijan. (2019). Model Antrian Multi Channel Single Phase Berdasarkan Pola Kedatangan Pasien untuk Pengambilan Obat di Apotik. Jurnal Informasi & Teknologi, 1(4), 7–11. https://doi.org/10.37034/jidt.v1i4.12

Geni, B. Y., Santony, J., & Sumijan. (2019). Prediksi Pendapatan Terbesar pada Penjualan Produk Cat dengan Menggunakan Metode Monte Carlo. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 1(4), 15–20. https://doi.org/10.37034/infeb.v1i4.5

Hilda, Kaseng, S., & Saleh, H. H. M. (2018). Analisis Antrian Pelayanan Nasabah Pada Pt Bank Syariah Mandiri Cabang Bungku. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 4(3), 201–210.

Nurfitria, D., Nureni, N., & Utami, I. T. (2017). Analisis Antrian Dengan Model Single Channel Single Phase Service Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (Spbu) I Gusti Ngurahrai Palu. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Terapan, 12(2), 65–71. https://doi.org/10.22487/2540766x.2015.v12.i2.7906

Purwanda, S. A. (2019). Analysis of Single Channel-Multi Phase Queue Model. Journal of Research in Management, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.32424/jorim.v2i1.59

Upadhayay, A. (2017). Bank ATM Queuing Model : A Case Study, (5), 40–45.

Waris, M., Ridhayani, I., & Yusman. (2018). Analisis Sistem Antrian Penumpang Di Loket Check-in Maskapai Penerbangan Pesawat Garuda Indonesia Airways, 1(1), 37–47.

Zulfikar, R. A., & Supianto, A. A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Antrian Poliklinik Berbasis Mobile. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 361. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853891.
Published
2023-10-31
How to Cite
Sulaiman, A., & M. Syahputra. (2023). Efektifitas Antrian Pengambilan Obat pada Instalasi Rawat Jalan Menggunakan Metode Single Channel Single Phase (Studi Kasus di RSUP Dr. M. Djamil Padang). Jurnal Sains Dan Teknologi Informatika, 1(2), 65-72. https://doi.org/10.38204/jsti.v1i2.1591