Penerapan Metode Assignment Problem dalam Optimalisasi Penugasan Guru di Pesantren Menggunakan Excel Solver
DOI:
https://doi.org/10.38204/darmaabdikarya.v4i1.2505Keywords:
Assignment Problem; Guru Tugas; Penjadwalan; Solver ExcelAbstract
Program guru tugas merupakan bentuk pengabdian santri pasca MA/SMA di lembaga mitra seperti pesantren atau yayasan pendidikan, yang bertujuan membantu proses belajar mengajar serta kegiatan dakwah. Di Yayasan AR-RIDHO, guru tugas dihadapkan pada berbagai jenis pekerjaan seperti piket malam, kultum subuh, pembina asrama, pengajar kitab, keamanan, dan administrasi. Penjadwalan yang tidak tepat atau tidak mempertimbangkan kecocokan guru terhadap tugas dapat menyebabkan ketidakefisienan, beban kerja yang tidak merata, serta ketidaksesuaian dalam pelaksanaan tugas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan sistem penjadwalan guru tugas di Yayasan AR-RIDHO dengan menerapkan metode Assignment Problem yang dibantu oleh Solver pada Microsoft Excel. Penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui kuesioner Google Form, penyusunan matriks biaya berdasarkan skor preferensi kecocokan tugas, serta pemodelan dan penyelesaian masalah penugasan dengan memperhatikan batasan tertentu. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sistem ini mampu meminimalkan skor ketidaksukaan secara signifikan, yaitu dengan total skor minimum sebesar 70, serta menghasilkan distribusi tugas yang lebih adil dan objektif. Dengan demikian, penelitian ini menyarankan penerapan sistem digital berbasis Solver untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan SDM guru tugas, khususnya di lingkungan pesantren seperti Yayasan AR-RIDHO.
Downloads
References
Dita Anggraini, Akhmad Shunhaji, & Tanrere, S. B. (2023). Optimalisasi Peran Guru Pengabdian Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontory: Sebuah Tinjauan Efektivitas. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(2), 201–216. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i2.212
Fatikasari, D., Dwi Pratama, Y. S., & Hozairi, H. (2024). Optimasi Penjadwalan Tenaga Kesehatan di
Puskesmas Teja Kabupaten Pamekasan Menggunakan Solver Excel. TeknoIS : Jurnal Ilmiah Teknologi
Informasi Dan Sains, 14(2), 214–224. https://doi.org/10.36350/jbs.v14i2.257
Ghazali, Z. I. (2022). Pengembangan Mutu Lulusan Melalui Program Guru Tugas di Pondok Pesantren:
Studi Kasus di Lembaga Pendidikan Islam Darul Ulum Banyuanyar Pondok Pesantren Banyuanyar dan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan. Al-Abshar: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 59–76.
Hozairi, & Anwari. (2021). Riset Operasi Penerapan Solver Excel Untuk Pengambilan Keputusan.
Maski, M. (2022). Peningkatan Kompetensi Profesional dan Pedagogik Calon Guru Tugas Melalui Program Tamrinut Ta’lim di Pondok Pesantren Miftahul Ulum desa Bettet Kecamatan Pamekasan Kaupaten Pamekasan. 1–32.
Mawardi, N., Sa, M., Chafidz, M., & Wafa, A. (2024). At Turots : Jurnal Pendidikan Islam Dormitory management in islamic boarding school educational institutions. 6(2), 629–638.
Natiqurrahman, N. (2024). Tatakelola Program Pengiriman Guru Tugas Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Pane, N. A. N., & Khairani, N. (2023). PENERAPAN METODE ASSIGNMENT HUNGARIAN DALAM MENENTUKAN PENUGASAN WAKTU KERJA PT. SINAR SOSRO.
Ramdani, D. (2024). Optimasi masalah penugasan dengan Alternate Method, Average Sum Method dan Subtract Row and Add One Assignment Method (SRAOA) menggunakan software POM-QM. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Sari, G. A., Herwanto, D., Nugraha, B., Sari, R. P., & Rozaqqiyah, H. (2021). Optimalisasi Waktu Kerja dan Jaringan Pendistribusian Makanan Ringan Menggunakan Model Assignment dan Hungarian. Journal of Industrial & Quality Engineering P-ISSN, 2303, 2715.