Mitigasi Bencana Alam di Sekolah melalui Edukasi Partisipatif di Madrasah Aliyah-Salafiyah Ulya ICBB Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.38204/darmaabdikarya.v4i1.2437Keywords:
mitigasi, sekolah siaga, edukasi bencana, pengurangan risiko bencanaAbstract
Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat risiko bencana alam yang tinggi, baik geologis maupun hidrometeorologis. Dalam situasi ini, institusi pendidikan memiliki peran penting dalam menanamkan budaya kesiapsiagaan bencana sejak dini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah-Salafiyah Ulya Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa terkait mitigasi bencana alam. Pendekatan yang digunakan bersifat edukatif dan partisipatif, melalui penyuluhan interaktif dan kuis reflektif. Kegiatan dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan edukasi, dan sesi kuis partisipatif yang dirancang menyenangkan untuk mempermudah pemahaman siswa terhadap informasi tanggap darurat. Materi yang diberikan mencakup jenis bencana, potensi lokal di Yogyakarta, serta langkah-langkah mitigasi dan peran pelajar dalam pengurangan risiko. Respon siswa sangat positif dan partisipatif, didukung oleh keterlibatan guru yang menyatakan perlunya kegiatan berkelanjutan dan integrasi dalam kurikulum. Simulasi “drop-cover-hold” dan visualisasi dampak bencana membantu siswa memahami realitas di lapangan. Program ini memperkuat kapasitas sekolah dalam menciptakan budaya sadar bencana dan berpotensi menjadi model bagi sekolah keagamaan lainnya. Kolaborasi dengan BPBD serta integrasi kurikulum menjadi strategi lanjutan yang direkomendasikan.
Downloads
References
Adiyoso, W., & Kanegae, H. (2013). Disaster awareness and preparedness of local students in Indonesia: A case study of South Jakarta. Journal of Disaster Research, 8(5), 1009–1017. https://doi.org/10.20965/jdr.2013.p1009
Amri, A., Haynes, K., Bird, D., van den Honert, R., & Ronan, K. (2017). Disaster risk reduction education in Indonesia: Challenges and recommendations for scaling up. Natural Hazards and Earth System Sciences, 17, 595–612. https://doi.org/10.5194/nhess-17-595-2017
Azarbakht, A., Rudman, A. J., & Douglas, J. (2021). A decision making approach for operational earthquake forecasting. International Journal of Disaster Risk Reduction, 66, Article 102591. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2021.102591
Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2021). Buku saku tanggap bencana. https://bnpb.go.id
Cvetković, V. M., Nikolić, N., & Lukić, T. (2024). Exploring students’ and teachers’ insights on school-based disaster risk reduction and safety: A case study of Western Morava Basin, Serbia. Safety, 10(2), 50. https://doi.org/10.3390/safety10020050
García Pérez de Lema, D., Madrid Guijarro, A., & Duréndez, A. (2022). Operating, financial and investment impacts of COVID 19 in SMEs: Public policy demands to sustainable recovery considering the economic sector moderating effect. International Journal of Disaster Risk Reduction, 75, Article 102951. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2022.10295
IDRiM. (2023). Integrated disaster risk management in the education process in schools. IDRiM Journal, 13(1). https://doi.org/10.5595/001c.91284
Mulyandari, R., Suranto, D., Qhadafi, Y., & Mahendra, I. (2024). Edukasi rumah tahan gempa dan mitigasi bencana (persiapan sebelum, sesaat, dan setelah) gempa. Darma Abdi Karya, 3(2), 141–146. https://doi.org/10.38204/darmaabdikarya.v3i2.2124 researchgate.net+5
Pambudi, D. S., & Ashari, S. (2019). Guidance for implementing disaster-resistant schools in Indonesia. NCBI PMC. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC10123487/
Permana, R. F. (2020). Pendidikan dan kesiapsiagaan bencana: Telaah model pembelajaran mitigasi bencana berbasis konstruktivis. Jurnal Kajian Pendidikan, 8(1), 15–23. https://doi.org/10.23887/jkp.v8i1.20123
Rahmawati, A., Laelasari, M. F., Magfiroh, M., Susilawati, H., & Damayanti, Z. U. (2022). Edukasi mitigasi bencana sebagai upaya pencegahan terhadap dampak bencana bagi masyarakat pesisir. JAGADDHITA: Jurnal Ilmu Ekonomi, 9(2), 104–112. https://doi.org/10.22219/jagaddhita.v9i2.20132
Rofiah, N. H., Kawai, N., & Hayati, E. N. (2024). Disability inclusive disaster risk reduction in schools: A confirmatory factor analysis. Jàmbá: Journal of Disaster Risk Studies, 16, a1559. https://doi.org/10.4102/jamba.v16i0.1559
Sofiani, R., Mahendra, I. M. A., & Lestari, I. N. (2023). Boardgame sebagai media edukasi mitigasi bencana bagi anak sekolah dasar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia, 2(2), 101–108. https://doi.org/10.22219/jpkm.v2i2.18456
UNESCO. (2015). Towards a culture of prevention: Disaster risk reduction begins at school. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000231987
Yuliana, E. (2020). School preparedness for disaster risk reduction: A case study in urban schools. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(1), 42–51. https://doi.org/10.17509/jpis.v30i1.23987