Kolaborasi Kampus dan Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dasar: Refleksi Kegiatan Kampus Mengajar di SDN 068 Sindanglaya
DOI:
https://doi.org/10.38204/darmaabdikarya.v4i1.2400Keywords:
Kampus Mengajar, pendidikan dasar, kolaborasi, literasi digital, pengabdian masyarakatAbstract
Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memperkuat kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah dasar dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 068 Sindanglaya Kota Bandung dengan pendekatan reflektif-partisipatif, di mana mahasiswa berperan aktif dalam merancang dan melaksanakan berbagai program kerja berbasis kebutuhan sekolah. Program yang dijalankan meliputi adaptasi teknologi (CanvArt, Word Ninja), penguatan literasi dan karakter (TTS, Duta Cilik), kepedulian lingkungan (Eco Ranger), edukasi mitigasi bencana (BUMI), serta revitalisasi perpustakaan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kolaborasi ini berdampak positif terhadap motivasi belajar siswa, keterampilan literasi digital, serta lingkungan belajar yang lebih aktif dan kolaboratif. Meskipun menghadapi sejumlah tantangan seperti keterbatasan fasilitas dan manajemen waktu, pelaksanaan program dapat berjalan dengan baik melalui pendekatan adaptif dan dukungan dari pihak sekolah. Temuan ini memperkuat pentingnya kolaborasi kampus-sekolah sebagai strategi pengabdian masyarakat yang kontekstual dan berkelanjutan.
Downloads
References
Azizatunnisa, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GAME EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR . OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1 SE-), 14–23. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1071
Dirjen Dikti. (2020). Panduan program Kampus Mengajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.
Hermanto Z. Mautang, Deven T. Malihing, Oualeng, A., Adryel O. Palle, & Aisyah Mau. (2024). Tantangan dan Inovasi dalam Program Kampus Mengajar KemendikbudRistek 2023 : Studi Kasus di SD Negeri 1 Bira. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 238–244. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i3.2485
Irgi Putri Olivia. (2023). Analisis Implementasi Program “Kampus Mengajar” Dalam Upaya Peningkatan Minat Belajar & Optimalisasi Nilai Matematika Kelas V SDN Simokerto I / 134 Surabaya. Journal of Administrative and Social Science, 5(1), 171–174. https://doi.org/10.55606/jass.v5i1.923
Kemdikbudristek. (2022). Profil pendidikan Indonesia 2022.
Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 38–50. https://doi.org/https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
Nurhabibah, P., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2023). Refleksi Kegiatan Kampus Mengajar terhadap Kemampuan dan Kesadaran Literasi Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4, 8062–8069. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4358
Putri, N. I., Herdiana, Y., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2021). Teknologi Pendidikan dan Transformasi Digital di Masa Pandemi COVID-19. JURNAL ICT : INFORMATION COMMUNICATION & TECHNOLOGY, 21(1), 53–57.
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6, 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020
Rahmi, W. (2024). Analytical Study of Experiential Learning: Experiential Learning Theory in Learning Activities. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2 SE-Articles), 115–126. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i2.1113
Saragih, Y. I. W., Fauzi, M., Manik, J. K., & Rikawati, R. (2025). Inovasi Pembelajaran Melalui Kampus Mengajar “Membangun Karakter dan Keterampilan Siswa SD Guppi Uswatun Hasanah untuk Indonesia Emas.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 5(1), 145–150. https://doi.org/10.36985/6agnpf12
Utami, E., Mulyadiprana, A., & Saputra, E. (2023). Peran Program Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3, 302–312. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.2550
Wangsa, I. H. S., Setiahati, I. P., & Setiawan, A. S. (2021). Pembelajaran Kolaboratif Sekolah Dasar Menggunakan Model Vygotski. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 19(1), 1. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4978