Peningkatan Kemampuan Digital Masyarakat Melalui Pelatihan Website E-Commerce Berbasis AI
DOI:
https://doi.org/10.38204/darmaabdikarya.v4i1.2338Keywords:
e-commerce, kecerdasan buatan, literasi digital, pelatihan teknologi, pemberdayaan masyarakatAbstract
Kemampuan masyarakat dalam mengadopsi teknologi digital merupakan faktor krusial dalam mendukung pengembangan usaha lokal. Warga RT.010 Kelurahan Tegal Parang, Jakarta Selatan, yang mayoritas berprofesi sebagai pelaku usaha mikro seperti pengrajin, pengemudi ojek online, dan sopir taksi, masih menghadapi kendala signifikan dalam memanfaatkan teknologi digital, khususnya di bidang e-commerce dan kecerdasan buatan (AI). Rendahnya literasi digital dan keterbatasan akses terhadap pelatihan teknologi menjadi hambatan utama dalam memperluas jangkauan usaha mereka di era digital. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan kegiatan pelatihan pembuatan website berbasis AI yang bertujuan meningkatkan kemampuan digital warga. Selain mengenalkan konsep dasar e-commerce dan AI, kegiatan ini membimbing peserta dalam membangun website usaha secara instan menggunakan platform ZipWP AI Website Builder tanpa memerlukan keterampilan pemrograman. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan digital warga serta tumbuhnya semangat untuk mengelola usaha secara daring. Pelatihan ini juga berkontribusi dalam pembentukan ekosistem digital komunitas yang mendukung inklusi teknologi secara berkelanjutan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan warga menjadi lebih siap menghadapi tantangan ekonomi digital sekaligus memperkuat ketahanan dan kemandirian komunitas dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0.
Downloads
References
Adiastri, S. E. (2024). Peran teknologi modern dalam meningkatkan efektivitas pekerjaan di perusahaan. 8(5), 428–434.
Aksenta, A., Irmawati, I., Ridwan, A., Hayati, N., Sepriano, S., Herlinah, H., Silalah, A. T., Pipin, S. J., Abdurrohim, I., Boari, Y., & others. (2023). LITERASI DIGITAL : Pengetahuan & Transformasi Terkini Teknologi Digital Era Industri 4.0 dan Sociaty 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=XVXmEAAAQBAJ
Anas, I., & Zakir, S. (2024). Artificial intelligence: Solusi pembelajaran era digital 5.0. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 8(1), 35–46.
Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173
Kisno, K., Fatmawati, N., Rizqiyani, R., Kurniasih, S., & Ratnasari, E. M. (2023). Pemanfaatan teknologi artificial intelligences (ai) sebagai respon positif mahasiswa piaud dalam kreativitas pembelajaran dan transformasi digital. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 4(1), 44–56.
Kodir, A., & others. (2024). Peran Teknologi Informasi Dalam Manajemen Pendidikan Islam. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 151–158.
Nurdiyansyah, F., Suksmawati, A. N., & Malang, K. (2025). MELALUI WEBSITE SISTEM INFORMASI DAN. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT - TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA, 4(1), 42–53. https://doi.org/10.26798/jpm.v4i1.1782
Putri, R. P., & Fasa, M. I. (2024). Transformasi Digital: Dampak E-Commerce terhadap Perkembangan E-Business di Indonesia. Journal of Social Science and Multidisciplinary Analysis, 1(1), 7–16. https://doi.org/https://doi.org/10.59827/jossama.v2i2.51
Yansyah, T., Zulfahmi, M. Z., & Agusti, A. D. (2024). M en in g katkan K in erja O rg an isasi m elalu i S trateg i M an ajem en M o d al M an u sia. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA, 7(2), 187–194.
Yasir, A. H., & Gunawan, A. (2024). Mengungkap Dampaknya : Peran Teknologi AI dalam Revolusi Industri 4 . 0 bagi Sumber Daya Manusia. Global : Jurnal Lentera BITEP, 02(02), 48–55. https://doi.org/https://doi.org/10.59422/global.v2i02.229