Pengenalan Anggota Tubuh dan Wajah Terhadap Siswa/I PAUD Patra Komala Desa Kecomberan Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.38204/darmaabdikarya.v2i2.1729Keywords:
pengabdian masyarakat; PAUD; metode pembelajaranAbstract
Pengenalan anggota tubuh pada anak usia dini merupakan hal yang harus di kuasi dengan baik karena anggota tubuh merupakan komponen penting dari keterampilan linguistik mereka yang sedang berkembang. Menghadapi kendala kurangnya tenaga pengajar dan metode pembelajaran yang kurang efektif, penulis melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat selama 4 hari dengan menggunakan metode observasi, ceramah, tindakan, dan video based learning. Observasi awal dilakukan untuk mengidentifikasi masalah di PAUD PATRA KOMALA. Metode ceramah digunakan untuk memberikan penjelasan materi secara langsung, sementara metode tindakan memberikan pengalaman langsung melalui kegiatan bermain. Penerapan video based learning melibatkan media visual untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa/i. Evaluasi menunjukkan peningkatan wawasan siswa/i dan guru terhadap pembelajaran digital, efektivitas guru, partisipasi aktif siswa/i, dan pemahaman terhadap fungsi anggota tubuh dan wajah. Hasil pengabdian ini mencapai tujuan dengan meningkatnya pemahaman siswa/i dan efektivitas guru. Evaluasi memberikan pandangan positif terhadap implementasi kegiatan, memberikan dasar perbaikan di masa mendatang, dan menginspirasi kegiatan serupa. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada PAUD PATRA KOMALA, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan model pembelajaran yang menarik dan efektif dalam konteks PAUD.
Downloads
References
Aryanata, I. W. Y., Jampel, I. N., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Media Video Pembelajaran Teknik Dasar Bermain Bola Voli Pada Pelajaran Penjaskes. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 186-192. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27164
Baniin. (2023). Video Based Learning: Menyenangkan Dan Efektif! Perpusteknik.Com. https://perpusteknik.com
Farhi, V. (2022). Video Based Learning: Karakteristik, Tujuan Dan Langkah-Langkah. Haloedukasi.Com. https://haloedukasi.com/video-based-learningdata, T. P. (N.D.). Observasi. Wawancara, Angket Dan Tes.
Gagne And Briggs.L.J. (1979). Principles Of Instructional Design. New York : Holt Rinehart And Winston.
Roestiyah, N. K. (2001). Metode Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.
Sarwono, J., Arikunto, M., & Arikunto, M. S. (2006). Metode Penelitian. Kuantitatif Kualitatif.