Optimalisasi Penggunaan Sosial Media Sebagai Penguat Branding UMKM Desa Wanasaba Lor
DOI:
https://doi.org/10.38204/darmaabdikarya.v2i2.1728Keywords:
MSMEs, Digital Marketing, Optimalization of MarketingAbstract
Pada era globalisasi dan kemajuan teknologi, UMKM memiliki peran vital dalam perekonomian. Artikel ini mengeksplorasi pentingnya digital marketing melalui TikTok, Facebook, dan Instagram bagi pelaku UMKM dalam memperluas pasar dan meningkatkan daya saing. Pelatihan "Pengenalan IPTEK dan Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Desa Wanasaba Lor" bertujuan mendidik tentang pemasaran digital melalui konsep dasar media sosial dan strategi pembuatan konten. Kegiatan tatap muka pada 5 Agustus 2023 di Balai Desa Wanasaba Lor melibatkan narasumber ahli. Meskipun dihadiri oleh 50 peserta dengan respon positif, keterbatasan fasilitas ruang menyebabkan ketidaknyamanan. Evaluasi menunjukkan antusiasme tinggi peserta dan apresiasi dari perangkat desa. Namun, catatan terkait keterbatasan ruang menjadi sorotan. Diharapkan pelatihan lanjutan lebih menitikberatkan pada strategi kreatif dalam pembuatan konten, untuk optimalisasi pemasaran digital bagi pelaku UMKM di Desa Wanasaba Lor.
Downloads
References
Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. Ikraith-Abdimas, 6(2), 68-75. doi:https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2408
Harto, B., & Komalasari, R. (2020). OPTIMALISASI PLATFORM ONLINE INTERNET MARKETING. Empowerment in the Community, 1(1), 1 - 6.
Hendriadi, A. S. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang . Jurnal Pengabdian Masyarakat , 120-125.
Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 7(1), 38-50. doi:https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
Pramesti, P., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Munawar, Z. (2021). Transformasi Bisnis Digital UMKM Bola Ubi Kopong di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 112-119. doi:https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i2.700
Rafli, A. M. (2023, Oktober 18). Pengertian, Ciri - Ciri, Peran, dan Kriteria Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hentet fra Bussines Management: https://www.jurnal.id/id/blog/kriteria-usaha-mikro-sbc/
Sedyastusti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS : Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 117-127.
Sumarni, T., Melinda, L. D., & Komalasari, R. (2020). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis,, 6(2), 163-171.
Wibowo R.A.P, &. S. (2022). Implementation Of digital Marketing In Maintaining MSMES During The Covid-19 Pandemic . Management studies and Enterpreneurship, 2283-2291.