Optimalisasi Penggunaan Sosial Media Sebagai Penguat Branding UMKM Desa Wanasaba Lor

Authors

  • Sri Muliani politeknik lp3i kampus cirebon
  • Jihan Fathimah Azzahra Politeknik LP3I Kampus Cirebon
  • Minkhatul Maula

DOI:

https://doi.org/10.38204/darmaabdikarya.v2i2.1728

Keywords:

MSMEs, Digital Marketing, Optimalization of Marketing

Abstract

Pada era globalisasi dan kemajuan teknologi, UMKM memiliki peran vital dalam perekonomian. Artikel ini mengeksplorasi pentingnya digital marketing melalui TikTok, Facebook, dan Instagram bagi pelaku UMKM dalam memperluas pasar dan meningkatkan daya saing. Pelatihan "Pengenalan IPTEK dan Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Desa Wanasaba Lor" bertujuan mendidik tentang pemasaran digital melalui konsep dasar media sosial dan strategi pembuatan konten. Kegiatan tatap muka pada 5 Agustus 2023 di Balai Desa Wanasaba Lor melibatkan narasumber ahli. Meskipun dihadiri oleh 50 peserta dengan respon positif, keterbatasan fasilitas ruang menyebabkan ketidaknyamanan. Evaluasi menunjukkan antusiasme tinggi peserta dan apresiasi dari perangkat desa. Namun, catatan terkait keterbatasan ruang menjadi sorotan. Diharapkan pelatihan lanjutan lebih menitikberatkan pada strategi kreatif dalam pembuatan konten, untuk optimalisasi pemasaran digital bagi pelaku UMKM di Desa Wanasaba Lor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. Ikraith-Abdimas, 6(2), 68-75. doi:https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2408

Harto, B., & Komalasari, R. (2020). OPTIMALISASI PLATFORM ONLINE INTERNET MARKETING. Empowerment in the Community, 1(1), 1 - 6.

Hendriadi, A. S. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang . Jurnal Pengabdian Masyarakat , 120-125.

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 7(1), 38-50. doi:https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369

Pramesti, P., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Munawar, Z. (2021). Transformasi Bisnis Digital UMKM Bola Ubi Kopong di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 112-119. doi:https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i2.700

Rafli, A. M. (2023, Oktober 18). Pengertian, Ciri - Ciri, Peran, dan Kriteria Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hentet fra Bussines Management: https://www.jurnal.id/id/blog/kriteria-usaha-mikro-sbc/

Sedyastusti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS : Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 117-127.

Sumarni, T., Melinda, L. D., & Komalasari, R. (2020). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis,, 6(2), 163-171.

Wibowo R.A.P, &. S. (2022). Implementation Of digital Marketing In Maintaining MSMES During The Covid-19 Pandemic . Management studies and Enterpreneurship, 2283-2291.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Sri Muliani, Jihan Fathimah Azzahra, & Minkhatul Maula. (2023). Optimalisasi Penggunaan Sosial Media Sebagai Penguat Branding UMKM Desa Wanasaba Lor. Darma Abdi Karya, 2(2), 190–194. https://doi.org/10.38204/darmaabdikarya.v2i2.1728