Inovasi Produk dan Kreatifitas dalam Pengembangan UMKM
Abstract
Kreativitas dan inovasi produk merupakan faktor kunci yang mempengaruhi pertumbuhan dan keberhasilan usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, UMKM perlu mengembangkan produk-produk berkualitas yang dapat memenuhi perubahan kebutuhan dan tuntutan pasar. Namun, banyak UMKM yang masih menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan inovasi produk dan memperkuat kreativitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendukung UMKM dalam meningkatkan inovasi dan kreativitas produk melalui pelatihan pengembangan produk yang berkualitas. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pemilik UMKM dan tim pengembangan produk sehingga dapat menghasilkan produk yang berdaya saing dan menarik bagi konsumen.
Downloads
References
Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. IKRA-ITH ABDIMAS, 6(2), 68–75. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/2408
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1).
Harto, B., Sumarni, T., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Widyawati, S. (2023). Transformasi Bisnis UMKM Sanfresh Melalui Digitalisasi Bisnis Pasca Covid 19. IKRA-ITH ABDIMAS, 6(2), 9–15. https://doi.org/https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2399
Pramesti, P., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Munawar, Z. (2021). Transformasi Bisnis Digital UMKM Bola Ubi Kopong di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(2 SE-Articles). https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i2.700
Prasetyo, B. D., Febriani, N. S., & Asmara, W. W. (2018). Komunikasi pemasaran terpadu: pendekatan tradisional hingga era media baru. Universitas Brawijaya Press.
Rita Komalasari, Harto, B., & Setiawan, R. (2021). UMKM Go-Digital sebagai Adaptasi dan Inovasi Pemasaran Arkha Minoritas pada Pandemi COVID-19. IKRAITH-ABDIMAS, 4(1), 1–7. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/873
Sumarni, T., Melinda, L. D., & Komalasari, R. (2020). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2 SE-Articles). https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.489