Google Site Untuk Pembelajaran Online
DOI:
https://doi.org/10.38204/darmaabdikarya.v2i2.1710Keywords:
Pelatihan; google sites; media pembelajaranAbstract
Pembelajaran di era pandemi covid-19 membuat guru memaksimalkan penggunaan media pembelajaran berbasis Information and Communication Technology(ICT). Untuk itu dibutuhkan berbagai upaya dalam pembelajaran termasuk penggunaan media pembelajaran berbasis ICT agar memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Pentingnya peningkatan kompetensi dan keterampilan guru dalam memanfaatkan dan memaksimalkan media pembelajaran berbasis ICT sehingga perlu adanya pelatihan dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran berbasis ICT kepada guru. Pelatihan pembuatan dan penggunaan google sites sebagai media pembelajaran dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2022 Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui penggunaan Google Sites sebagai media pembelajaran online. Pelaksanaan pelatihan ini terdiri atas 2 tahapan yaitu pertama penyampaian materi mengenai pembuatan dan penggunaan google sites sebagai media pembelajaran dan kedua praktek langsung membuat dan menggunakan google sites sebagai media pembelajaran online. Metode dalam pelatihan ini adalah ceramah, tanya jawab dan eksperimen. Pelatihan ini diikuti dengan antusiasme dari peserta yang diikuti oleh 30 orang guru SMP NEGERI 3 PANCUR BATU. Pelatihan ini menambah pengetahuan dan kompetensi serta skill peserta dalam membuat dan menggunakan google sites sebagai media pembelajaran.. Hasil dari angket yang disebarkan kepada para guru setelah kegiatan ini berakhir menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan mereka berharap kegiatan yang semacam ini diadakan lagi pada tahun yang akan datang.
Downloads
References
Fidiyah, E., Prihastuti, L., Rosianaldy, A., Salsabila, M., Eka Wardani, A., & Styaningrum, F. (2022). Pendampingan Adaptasi Teknologi Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Daring Pada Sekolah Dasar. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 237–242. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v7i2.2828
Irawan, E., & Fadly, W. (2020). Membudayakan Pembelajaran Hybrid di Sekolah Melalui Coaching Edukatif Pemanfaatan Google Classroom. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 5(1).
Irwanto, I. (2020). Model pembelajaran pendidikan vokasional yang efektif di era revolusi industri 4.0. TAMAN VOKASI, 8(1), 58. https://doi.org/10.30738/jtv.v8i1.7265
Karaman, J., Widaningrum, I., Setyawan, M. B., & Sugianti, S. (2020). Penerapan Model Literasi Digital Berbasis Sekolah Untuk Membangun Konten Positif Pada Internet. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.30651/aks.v5i1.3701
Khairiyah, U., Faizah, S. N., & Lestari, A. D. (2021). Pendampingan Pembuatan Kuis dengan Aplikasi Quizizz bagi Guru Sekolah Dasar di Desa Made Lamongan. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 25–31. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i2.2690
Kurniawan, M., Radia, E. H., Kusuma, D., & Djami, C. B. N. (2023). Pelatihan Teknis Google for Education untuk Guru PAUD dan SD di Getasan, Kabupaten Semarang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 79–86. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v8i1.3597
Masyarakat, J. P., Parahita, W., Oktaviyanthi, R., Safaah, E., & Agus, R. N. (2017). PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN GURU MATEMATIKA DALAM MENYUSUN BAHAN AJAR BERBANTUAN MATHEMATICS EDUCATION SOFTWARE.
Ramadhani, R., Astuti, E., & Setiawati, T. (2019). THE IMPLEMENTATION OF LMS-GOOGLE CLASSROOM TO IMPROVING COMPETENCE SKILL OF SENIOR HIGH SCHOOL TEACHERS’ IN INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).
Setyorini, A., & Masulah, M. (2020). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru Sekolah Dasar Sidoarjo dalam Menulis Kreatif Cerita Anak. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 131. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3664
Slamet, T. I., Alfiansyah, A., Al Maki, W. F., Musyafa, F. A., Satyaputra, A., Fathoni, P., Andayani, S. S., Melinda, S., Oktavianus, D., & Yusuf, N. P. (2020). Peningkatan Keterampilan ICT untuk Guru melalui Pelatihan Konten Digital Pembelajaran Berbasis Sumber Terbuka (Open Sources). Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 118. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2316