Pelatihan Digital Marketing dan Pengelolaan Keuangan Bagi UMKM Kain Perca Banjarsari Metro Utara

Authors

  • Sita Muharni STMIK Dharma Wacana
  • Untoro Apsiswanto STMIK Dharma Wacana

DOI:

https://doi.org/10.38204/darmaabdikarya.v2i2.1708

Keywords:

pengelolaan; keuangan; digital; marketing

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh UMKM di Kota Metro dalam pengelolaan keuangan dan pemasaran digital, yang sebagian besar disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang masalah pencatatan keuangan. Tahapan yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah: melakukan survei tentang kemampuan UMKM dalam menyusun laporan keuangan dan pemasaran digital. Langkah kedua adalah meningkatkan kesadaran akan pentingnya melaporkan laporan keuangan. Pada langkah selanjutnya, UMKM diajarkan cara menggunakan digital marketing untuk meningkatkan penjualan. Pada tahap keempat, para pelaku UMKM diberi pelatihan tentang cara menyusun laporan keuangan dan cara menggunakan digital marketing untuk memasarkan produk mereka. Tahap kelima adalah melakukan analisis SWOT potensi sumber daya manusia yang ada di UMKM kecil dan menentukan skor terhadap mereka. Tahap terakhir adalah membuat kesimpulan tentang UMKM yang paling potensial dalam hal sumber daya manusia. Kegiatan pengabdian pengelolan keuangan dan digital marketing telah dilaksanakan dengan sukses yang digelar di lokasi UMKM Kain Perca Banjarsari pada hari Jumat tanggal 22 Desember 2023. Pada saat pelatihan yang dilakukan di UMKM Kain Perca Banjarsari di hadiri hadir 7 peserta yang berasal anggota UMKM Kain Perca Banjarsar Kota Metro, ketujuh peserta ini adalah UMKM yang mempunyai permasalahan sesuai dengan tema pelatihan. Peserta yang mengikuti pelatihan memiliki kesamaan permasalahan yang dihadapi yaitu permasalahan ketidakmampuan dalam mengelola keuangan dan ketidaktahuan masalah digital marketing. Simpulan yang dapat dibuat tentang hasil pelaksanaan pengabdian pelatihan pengelolaan keuangan dan digital marketing sebagai berikut (a) Peserta pelatihan memiliki pemahaman yang baik tentang digital marketing, yang membuat pemahaman mereka tentang pelatihan menjadi lebih mudah. (b) Peserta masih tertarik pada tema pengelolaan keuangan, tetapi mereka belum terbiasa dengannya saat melakukan pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981

Dewi, K. N. K., & Mahyuni, L. P. (2022). Pelatihan Digital Marketing Kepada UMKM di Banjar Pitik untuk Daya Saing Usaha. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 716–724. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.6302

Diyani, L. A., Oktapriana, C., & Rachman, H. A. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Pengelolaan Keuangan Bagi Penggiat Umkm Usia Muda. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 583–598. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12390

Farwitawati, R. (2018). Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Prosiding Sembadha, 1, 225–229.

Handayani, M. A., Suwarni, E., Fernando, Y., Fitri, F., Saputra, F. E., & Candra, A. (2022). PENGELOLAAN KEUANGAN BISNIS DAN UMKM DI DESA BALAIREJO. Suluh Abdi, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.32502/sa.v4i1.4365

Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 3(2), 77–85. http://dx.doi.org/10.32493/JLS.v3i2.p77-85

Maesaroh, S. S., Nuryadin, A., Prasetyo, Y., & Swardana, A. (2021). Pelatihan Manajemen Keuangan Berbasis Digital pada UMKM Kota Tasikmalaya. Jurnal Abmas Negeri, 2(2), 86–93. https://doi.org/10.36590/jagri.v2i2.179

Muharni, S., Islami, M. R. R., & Andrian, D. (2021). Pelatihan Pemodelan Perangkat Lunak Dan Basis Data Bagi Guru RPL Dan TKJ Di Lingkungan SMK Negeri 1 Trimurjo. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 52–58. http://dx.doi.org/10.24127/sss.v5i1.1492

Muharni, S., & Syaputra, M. A. (2023). PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI KEAHLIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK PADA SMK NEGERI 1 TRIMURJO. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 174–184. https://doi.org/10.46306/jabb.v4i1.352

Putri, A. P., Hetami, A. A., Fourqoniah, F., Andriana, A. N., Ardiyani, M., Muniroh, T. U., Riandani, R., Muliyani, E., Yasshyka, A., & Listiana, A. P. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 828–839.

Raharjo, K., Dalimunte, N. D., Purnomo, N. A., Zen, M., Rachmi, T. N., & Sunardi, N. (2022). Pemanfaatan Financial Technology dalam Pengelolaan Keuangan pada UMKM di Wilayah Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 67–77. https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.70

Susanti, E. (2020). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36–50. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588

Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6–13. http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3602

Tarihoran, A., Agustina, A., & Barus, A. C. (2021). Pelatihan pengelolaan keuangan pada UMKM Laundry Medan. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.29303/jppm.v4i2.2651

Wardiningsih, R., Wahyuningsih, B. Y., & Sugianto, R. (2021). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Bagi Pelaku UMKM Penerima BPUM Sebagai Dampak Covid-19 Di Desa Jenggik Kecamatan Terara. Nusantara, 3(2), 258–266.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Muharni, S., & Apsiswanto, U. (2023). Pelatihan Digital Marketing dan Pengelolaan Keuangan Bagi UMKM Kain Perca Banjarsari Metro Utara. Darma Abdi Karya, 2(2), 140–146. https://doi.org/10.38204/darmaabdikarya.v2i2.1708