Manfaat Aplikasi Pengelolaan Persediaan Barang Untuk Optimalisasi UMKM Pamicacu
Abstract
Pamicacu merupakan salah satu toko alat tulis yang berada di kabupaten Cirebon. Pamicacu sendiri telah berdiri sejak November 2020 yang lalu. Penerapan sebuah teknologi dan informasi pada toko Pamicacu dirasa perlu, karena dalam pelaksanaan kegiatan manajemen stok barang masih mengalami kendala dan kelemahan dalam sistem pengelolaan data barang. Kendala dan kelemahan yang terjadi dapat dilihat dari banyaknya barang yang masuk tidak sesuai dengan barang yang dikeluarkan. Yang kemudian juga mengakibatkan stok barang yang tersedia tidak bisa sepenuhnya terpantau. Selain itu juga berdampak terhadap barang yang akan direstock menjadi tidak sesuai yang kemudian juga menghambat proses transaksi jual beli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan pengguna dalam pengelolaan stok barang, agar pengguna melakukan proses pencatatan / pengelolaan secara digital bukan manual, dan mengurangi tingkat selisih stok barang masuk dan keluar. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah UMKM Pamicacu dapat mempermudah usahanya dalam melakukan pengelolaan persediaan barang melalui aplikasi web.
Downloads
References
Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. IKRA-ITH ABDIMAS, 16(2), 68–75.
Fatah, H. S., Sianturi, R. S., & Kharisma, A. P. (2022). Pengembangan Lanjut Aplikasi Manajemen Persediaan Barang berbasis Android pada UMKM “Amira Shop” Ciganjur. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(7 SE-), 3379–3387. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11359
Harto, Budi;, & Komalasari, R. (2020). Optimalisasi Platform Online Internet Marketing Untuk Sme Little Rose Bandung. Empowerment in The Community Journal, 1(1), 1–6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31543/ecj.v1i1.357
Harto, Budi, Sumarni, T., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Widyawati, S. (2023). Transformasi Bisnis UMKM Sanfresh Melalui Digitalisasi Bisnis Pasca Covid 19. IKRA-ITH ABDIMAS, 6(2), 9–15. https://doi.org/https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2399
Iswanto, Munawar, Z., Putri, N. I., Hernawati, & Komalasari, R. (2023). Manfaat Manajemen Teknologi Informasi Di UMKM. TEMATIK, 10(1 SE-Articles). https://doi.org/10.38204/tematik.v10i1.1314
j-sika, Rita Komalasari, & Mira Ismirani Fudsy. (2021). PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENGENDALIAN PANDEMI COVID-19. J-SIKA|Jurnal Sistem Informasi Karya Anak Bangsa , 3(02 SE-Articles), 73–85. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/j-sika/article/view/694
Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 38–50. https://doi.org/https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
Pramesti, P., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Munawar, Z. (2021). Transformasi Bisnis Digital UMKM Bola Ubi Kopong di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(2 SE-Articles). https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i2.700
Pristyanto, Y., Nugraha, A. F., Fajarudin, R., & Wirasakti, L. A. (2022). PEMANFAAT INVENTORY SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN KINERJA PADA UMKM MANASTA FOOD. Jurnal PengaMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 143–152. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33387/.v5i2.3519
Putri, N. I., Suharya, Y., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2022). Pengaruh Komunikasi Digital di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat. KOMVERSAL, 3(2 SE-Articles). https://doi.org/10.38204/komversal.v3i2.649
Rita Komalasari, Harto, B., & Setiawan, R. (2021). UMKM Go-Digital sebagai Adaptasi dan Inovasi Pemasaran Arkha Minoritas pada Pandemi COVID-19. IKRAITH-ABDIMAS, 4(1), 1–7. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/873
Sudarsi, S., Kartika, A., Hardiyanti, W., & Aquinia, A. (2023). PENGGUNAAN APLIKASI PERSEDIAAN BARANG UNTUK OPTIMALISASI PENGELOLAAN UMKM STREETFOOD DI SOLO. Jurnal Penamas, 7(1 SE-Articles). https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/penamas/article/view/9158
Sumarni, T., Melinda, L. D., & Komalasari, R. (2020). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2 SE-Articles). https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.489