Strategi Pengembangan Manajemen Marketing Dan Pengelolaan Keuangan Produk Unggulan Tenun Songket Khas Pekanbaru
Abstract
Pekanbaru memiliki beberapa usaha kecil menengah yang berkembang pesat, salah satunya kerajinan tenun. Usaha kerajinan ini merupakan industri kecil menengah berbasis tradisional. Pengelolaan usaha masih sederhana sehingga mengakibatkan lambatnya perkembangan usaha yang sebenarnya memiliki potensi bersaing di pasar internasional. Pengusaha hanya fokus pada bidang produksi, sementara bagaimana menambah jumlah pelanggan belum tersentuh secara terencana, termasuk keuangan belum dikelola sesuai prinsip akuntansi sederhana, tentu berimbas kepada penghitungan laba. Hasilnya, pengusaha kesulitan membuat keputusan pengembangan usaha karena tidak memiliki roadmap usaha. UMKM tenun Tampuk Manggis Pekanbaru mempunyai rentang pendapatan yang belum bisa diperkirakan. Metode pemasaran mengandalkan pelanggan yang saling memberikan referensi dan media sosial facebook. Pengelolaan keuangan masih ditangani langsung oleh pemilik tanpa pembukuan sehingga uang masuk dan keluar tidak tercatat. Selain menjadi masalah secara manajemen, kondisi arus uang yang tidak tercatat dalam sebuah laporan keuangan membuat UMKM tidak menyadari tentang posisinya sebagai wajib pajak. Alhasil UMKM tidak pernah melaporkan SPT Tahunan. Kelalaian ini jika berlangsung secara terus menerus pada batas omset wajib pajak UMKM, yaitu di atas 500 juta, maka akan menghambat pemasukan negara untuk pembangunan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan manajemen marketing dan pengelolaan keuangan produk unggulan tenun songket khas Pekanbaru di UMKM tenun Tampuk Manggis. Pendekatan pemecahan masalah berupa intervensi mengembangkan strategi marketing dan pengelolaan keuangan yang dipaparkan kepada UMKM melalui dua siklus tindakan, yang masing-masing terdiri dari edukasi, penyertaan contoh, dan pendampingan langkah kerja untuk mengembangkan manajemen marketing digital berbasis website dan pengelolaan keuangan sederhana sesuai prinsip akuntansi keuangan perusahaan manufaktur.
Downloads
References
Ahmad, & Yanti, E. (2023). Pengelolaan Keuangan dan Strategi Pemasaran Dalam Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Kasus Pada Azhar Abdullah Tenun Songket di Kabupaten Batu Bara) [Universitas Islam Negeri Sumatera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19103
Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. IKRA-ITH ABDIMAS, 6(2), 68–75. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/2408
Ghasarma, R., Eka, D., Karimudin, Y., Isnurhadi, I., & Bang, P. L. (2022). Pendampingan Pengelolaan Keuangan UMKM dan Optimalisasi Usaha Masyarakat dalam Menghadapi Era Normal Baru di Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services; Vol 3, No 1 (2022): Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community ServicesDO - 10.29259/Jscs.V3i1.49 . http://jscs.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jscs/article/view/49
Harto, B., & Komalasari, R. (2020). OPTIMALISASI PLATFORM ONLINE INTERNET MARKETING UNTUK SME LITTLE ROSE BANDUNG. Empowerment in The Community Journal, 1(1), 1–6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31543/ecj.v1i1.357
Harto, B., Rita Komalasari, & Mustofa, R. (2021). Peningkatan Kapasitas Dan Kapabilitas Pengelolaan Keuangan Berbasis Aplikasi Excel dan Sesuai Sak EMKM Pada UMKM Moochi Lembang. IKRA-ITH ABDIMAS, 4(1), 47–54.
Harto, B., Sumarni, T., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Widyawati, S. (2023). Transformasi Bisnis UMKM Sanfresh Melalui Digitalisasi Bisnis Pasca Covid 19. IKRA-ITH ABDIMAS, 6(2), 9–15. https://doi.org/https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2399
Hasani, R., & Nuzul Ainy, R. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UMKM DALAM MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (SAK EMKM) [Universitas Ahmad Dahlan]. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15326
Israwati, Hermansyah, T. Irawan, Fajrig Arsyelan, & avid Opel Alexander. (2023). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN, INOVASI PRODUK KREATIF DAN ORIENTASI PASAR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN UMKM TEKAT TIGA DARA. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina , 2(1 SE-Articles), 72–76. https://doi.org/10.36352/j-pis.v2i1.510
Iswanto, Munawar, Z., Putri, N. I., Hernawati, & Komalasari, R. (2023). Manfaat Manajemen Teknologi Informasi Di UMKM. TEMATIK, 10(1 SE-Articles). https://doi.org/10.38204/tematik.v10i1.1314
Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
Pramesti, P., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Munawar, Z. (2021). Transformasi Bisnis Digital UMKM Bola Ubi Kopong di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(2 SE-Articles). https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i2.700
Purwati, A. A., Irman, M., Rahman, S., Hamzah, M. L., Desnelita, Y., & Hamzah, H. (2021). Pelatihan Digital Marketing bagi UMKM Tenun Songket Melayu Cahaya Kemilau. ARSY : Jurnal Aplikasi Riset Kepada Masyarakat, 2(1 SE-), 52–56. https://doi.org/10.55583/arsy.v2i1.164
Putri, A. U., Ermanovida, & Khairunnisyah, T. (2021). Strategi Pemberdayaan Ekonomi Pengrajin Songket Khas Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 16(2 SE-Articles). https://doi.org/10.47441/jkp.v16i2.154
Putri, N. I., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2022). Minat Penggunaan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Pasca Pandemi. Prosiding SISFOTEK, 6(1 SE-), 155–160. http://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/354
Rachmawati, N. A., & Ramayanti, R. (2016). MANFAAT PEMBERIAN INSENTIF PAJAK PENGHASILAN DALAM KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/46
Respatiningsih, H. (2019). MANAJEMEN KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM). SEGMEN - Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 48–65. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/sjmb.v15i2.5746
Rita Komalasari, Harto, B., & Setiawan, R. (2021). UMKM Go-Digital sebagai Adaptasi dan Inovasi Pemasaran Arkha Minoritas pada Pandemi COVID-19. IKRAITH-ABDIMAS, 4(1), 1–7. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/873
Ruzikna, R., Othman, L., Farida, L., & Andini, F. (2019). Pelatihan manajemen keuangan sederhana bagi UKM di Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi. Unri Conference Series: Community Engagement, 1(0 SE-Articles). https://doi.org/10.31258/unricsce.1.144-149
Sumarni, T., Melinda, L. D., & Komalasari, R. (2020). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2 SE-Articles). https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.489
Zamora, R. A. (2018). Arahan Strategi Berdasarkan Daya Saing Industri Kecil Kerajinan Tenun Songket/Tenun Ikat di Kota Pekanbaru. Jurnal Bumi Indonesia.