Penguatan Strategi Perencanaan Bisnis Ikan Bakar Villa Putih, Telaga Bogo, Kuningan
Abstract
Bisnis rumah makan berkembang cukup pesat di daerah pesawahan, kuningan. Hal ini dikarenakan. Terus bermunculannya tempat wisata baru di daerah tersebut, rumah makan Ikan Bakar Villa Putih adalah salah satunya. Banyaknya kompetitor membuat pemilik harus benar-benar menyusun perencanaan bisnis yang efektif agar bisa bertahan dan berkembang, terlebih rumah makan ini baru dibuka sekitar satu tahun lalu. Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah memberikan gambaran materi dan pemahaman akan strategi perencanaan bisnis, khususnya personal branding dan memaksimalkan digital marketing. Melalui pembuatan logo diharapkan brand rumah makan ini memiliki ciri khas yang mudah diingat oleh pengunjung yang sudah dan akan datang ke tempat ini. Pemberian logo ini pun dapat diaplikasikan dalam pemasangan plang jalan sebagai tanda memasuki area rumah makan, mengingat rumah makan ini berlokasi di area masuk gang dan bukan jalan umum. Oleh karena rumah makan ini juga menerima pesanan catering berupa nasi box, logo brand yang sudah dibuat juga dapat dipasangkan dalam packaging. Selain personal branding, materi digital marketing pun turut menjadi bagian dalam pemberian materi strategi penguatan perencanaan bisnis rumah makan ini, salah satunya melalui media sosial dan atau memaksimalkan penggunaan Google Maps yang menjadi bagian produk dari kegiatan pengabdian ini. Dengan demikian, kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat membantu memberikan penguatan dalam merencanakan strategi bisnis rumah makan Ikan Bakar Villa Putih sehingga bisnis tumbuh dan berkembang dengan lancar serta menghasilkan profitabilitas sesuai harapan.
Downloads
References
Anjani, A. D., Ningsih, C., & Fajri, I. (2018). STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS RUMAH MAKAN GANBATTE SUKI, BBQ & STEAK BANDUNG. The Journal Gastronomy Tourism, 5(1), 8–21. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/gastur.v5i1.22218
Chua, B.-L., Ab Karim, M., & Lee, S. (2020). Customer Restaurant Choice: An Empirical Analysis of Restaurant Types and Eating-Out Occasions. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17, 6276. https://doi.org/10.3390/ijerph17176276
David, F. R. (2011). Strategic Management Concept and Cases: a Competitive advantage approach (14th ed.). Pearson Education Limited.
Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. IKRA-ITH ABDIMAS, 16(2), 68–75.
Harto, Budi;, & Komalasari, R. (2020). Optimalisasi Platform Online Internet Marketing Untuk Sme Little Rose Bandung. Empowerment in The Community Journal, 1(1), 1–6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31543/ecj.v1i1.357
Harto, Budi, Sumarni, T., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Widyawati, S. (2023). Transformasi Bisnis UMKM Sanfresh Melalui Digitalisasi Bisnis Pasca Covid 19. IKRA-ITH ABDIMAS, 6(2), 9–15. https://doi.org/https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2399
Hidayat, T. (2016). Formulasi Strategi Bisnis Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Industri Batik “Mliwis Putih” Di Desa Sobontoro, Balen, Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(1), 21–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i1.28
Iswanto, Munawar, Z., Putri, N. I., Hernawati, & Komalasari, R. (2023). Manfaat Manajemen Teknologi Informasi Di UMKM. TEMATIK, 10(1 SE-Articles). https://doi.org/10.38204/tematik.v10i1.1314
j-sika, Rita Komalasari, & Mira Ismirani Fudsy. (2021). PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENGENDALIAN PANDEMI COVID-19. J-SIKA|Jurnal Sistem Informasi Karya Anak Bangsa , 3(02 SE-Articles), 73–85. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/j-sika/article/view/694
Komalasari, Rita;, Harto, B., & Setiawan, R. (2021). UMKM Go-Digital sebagai Adaptasi dan Inovasi Pemasaran Arkha Minoritas pada Pandemi COVID-19. IKRA-ITH ABDIMAS, 4(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v4i1
Komalasari, Rita. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (1997). Manajemen strategik : formulasi, implementasi, dan pengendalian. Jakarta Binarupa Aksara.
Pramesti, P., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Munawar, Z. (2021). Transformasi Bisnis Digital UMKM Bola Ubi Kopong di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(2 SE-Articles). https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i2.700
Putri, N. I., Suharya, Y., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2022). Pengaruh Komunikasi Digital di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat. KOMVERSAL, 3(2 SE-Articles). https://doi.org/10.38204/komversal.v3i2.649
Rahastine, mareta P., & Wulandari, Y. F. (2020). Penggunaan Media Sosial Sebagi Strategi Komunikasi Pemasaran Masyarakat Di Kelurahan Pekayon Jaya Bekasi Selatan. Jurnal Komunikasi, 11(2), 185–190. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jkom.v11i2.8476
Rangkuti, F. (2008). Business Plan : Teknik Membuat Perencanaan Bisnis dan Analisis Kasus. Gramedia.
Sumarni, T., Melinda, L. D., & Komalasari, R. (2020). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2 SE-Articles). https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.489
Yoga Wirangga, I. W., Piarsa, I. N., & Adi Purnawan, I. K. (2016). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Letak Suatu Rumah Makan Di Wilayah Denpasar. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi); Vol. 2, No. 2, Agustus 2014. https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17891