Optimalisasi E-Learning di SMK Cendekia Madiun Melalui Pelatihan Google Classroom Bagi Guru
Abstract
Pengintegrasian TIK ke dalam proses pembelajaran diperlukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, mengembangkan keterampilan dalam bidang TIK (ICT Literacy), dan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi dan kemenarikan proses pembelajaran. Dalam penerapannya sering kali guru masih kurang terbiasa dengan adaptasi teknologi yang digunakan. Oleh karena itu, guru dituntut menguasai teknologi dalam proses belajar mengajar daring. Dikarenakan pentingnya melengkapi keterampilan dan kemampuan guru dalam pemanfaatan pembelajaran berbasis TIK, maka perlu diadakan pelatihan pemanfaatan Google Classroom. Google Classroom dipilih karena sederhana, aman, integrasi luas, mudah digunakan. Pelatihan yang bertajuk optimalisasi pembelajaran daring dengan Google Classroom bagi Guru SMK Cendekia Madiun. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah ceramah, tanya jawab dengan peserta dan praktik langsung. Di akhir sesi pelatihan, terdapat pertanyaan penilaian untuk mengetahui kompetensi dari guru terhadap materi yang telah disampaikan. Hasil penilaian menunjukkan bahwa rata-rata hanya 90% guru telah berhasil mengikuti dan mempraktikan optimalisasi Google Classroom. Sebagai hasil dari kegiatan pelatihan ini, guru dapat menyusun sendiri dan mengembangkan pembelajaran daring yang lebih berkualitas dan menarik.
Downloads
References
Arum, R. P., Mukhtar, N., & Na’imah. (2022). Efektivitas Pembelajaran Melalui Google Classroom Dan Google Mett Pada Mata Kuliah Strategi Pembalajaran Ra. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 101–119.
Atikah, R., Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Petik, 7(1), 7–18. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.988
Fatmawati, I., & Sulisworo, D. (2021). Profile of Implementing Google Classroom As A SMK Physics Learning Media. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 12. https://doi.org/10.31258/jgs.9.1.12-18
Irsa Lina Aulia, Janah Mutmainah, & Dede Indra Setiabudi. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Sosial Humaniora, Dan Pendidikan, 1(2), 59–67. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.75
Istiqomah, Umroh, H., & Wahyuni, W. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1), 214–224.
Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
Rahmawati, B., Utami, H. B., Sudiyana, B., & Rohadi, A. (2021). Penggunaan Google Classroom Di Kelas Virtual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(1), 105. https://doi.org/10.20961/basastra.v9i1.46555
Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makasar, 122–125.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2022). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2).
Susanti, P., Jayadi, P., Hidayati, N. R., Riyanto, S., & Kiswardianta, R. B. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE BAGI GURU SMK CENDEKIA MADIUN. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1), 141. https://doi.org/10.25273/jta.v8i1.14022
Susilowati, E. (2020). Bagaimana Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19 melalui Grup WhatsApp ? Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(03), 1–25.
Yulanto, D. M., Januariyansah, S., & Hasan, H. (2021). Pelatihan Penggunaan Kelas Daring Google Classroom Di SMK N 1 Percut Sei Tuan. 2(1), 1–6.