Penguatan Bidang UMKM ‘Kerupuk Silet’ Di Desa Kedungsana Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon Jawa Barat, Indonesia
Abstract
Desa Kedungsana terletak di Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Di desa Kedungsana banyak tumbuh usaha-usaha baik di bidang pertanian, jasa, perdagangan, perbengkelan, warung kelontong, toko, home industry, dan Pedagang Kaki Lima. Produsen kerupuk silet merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat Desa Kedungsana. Bagi khalayak yang belum tau, kerupuk silet merupakan kuliner khas dari Cirebon. Kerupuk ini berbeda dan lebih unik dibandingkan dengan kerupuk lainnya. Hal yang membuat kerupuk ini berbeda dan lebih unik dibandingkan dengan kerupuk lainnya terletak pada proses memasaknya. Di era digital ini, banyak diantara para produsen kerupuk ini ingin mengembangkan dan memasarkan produknya melalui internet agar dapat menjual produknya baik untuk tingkat nasional maupun hingga tingkat internasional. Banyak kendala yang dialami oleh produsen karena kurangnya pengetahuan dan wawasan tentang menjual dan memasarkan produknya dan juga tidak memiliki peralatan yang sesuai dan layak agar dapat mengembangkan dan memajukan usahanya melalui internet. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah untuk membantu masyarakat dan pelaku UMKM dapat memberdayakan UMKM di Desa Kedungsana agar lebih berkembang dalam pengemasan dan pemasarannya, memberikan informasi lebih mengenai informasi tentang manfaat pentingnya varian produk untuk mendongkrak penjualan, pembuatan digital marketing dan personal branding, mensosialisasikan bagaimana cara memasarkan produk yang akan dijual khususnya dengan memiliki brand produknya sendiri, serta memberikan sosialisasi kepada pelaku UMKM mengenai pemasaran produk usaha dengan baik. Dengan demikian, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diselenggarakan dalam rangka pelaku UMKM di Desa Kedungsana, mengetahui dan memahami cara mengkomunikasikan merek dan produk mereka melalui media digital sehingga dapat menjangkau target pasar yang lebih luas karena pemasaran menggunakan media digital tak terbatas letak geografis.
Downloads
References
Amstrong, G., & Kotler, P. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran.
Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. IKRA-ITH ABDIMAS, 16(2), 68–75.
Ekon.go.id. (2021). Optimalisasi Produktivitas UMKM melalui Go-Digital dan Go-Legal. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3016/optimalisasi-produktivitas-umkm-melalui-go-digital-dan-go-legal
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32–41. https://doi.org/https://doi.org/10.36618/competitive.v16i1.1171
Harto, Budi;, & Komalasari, R. (2020). Optimalisasi Platform Online Internet Marketing Untuk Sme Little Rose Bandung. Empowerment in The Community Journal, 1(1), 1–6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31543/ecj.v1i1.357
Harto, Budi, Sumarni, T., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Widyawati, S. (2023). Transformasi Bisnis UMKM Sanfresh Melalui Digitalisasi Bisnis Pasca Covid 19. IKRA-ITH ABDIMAS, 6(2), 9–15. https://doi.org/https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2399
Ismail, N. R., & Wardhani, A. R. (2020). Transfer Pengetahuan Melalui Pelatihan E-Commerce Dalam Pemberdayaan UKM Dewi-Dewi Di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 4(1), 22–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35906/resona.v4i1.401
Isnaini, W. (2019). Pelatihan Pengutan Brand Serta Penggunaan Digital Marketing Bagi Kelompok Batik Sariwarni Kabupaten Madiun. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 2(2), 305–312. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jp2m.49046
Komalasari, Rita;, Harto, B., & Setiawan, R. (2021). UMKM Go-Digital sebagai Adaptasi dan Inovasi Pemasaran Arkha Minoritas pada Pandemi COVID-19. IKRA-ITH ABDIMAS, 4(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v4i1
Komalasari, Rita. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 38–50. https://doi.org/https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran. Erlangga.
Muanas, A. (2014). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Buana Indomobil Trada. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3(12).
Pramesti, P., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Munawar, Z. (2021). Transformasi Bisnis Digital UMKM Bola Ubi Kopong di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(2 SE-Articles). https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i2.700
Putri, N. I., Suharya, Y., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2022). Pengaruh Komunikasi Digital di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat. KOMVERSAL, 3(2 SE-Articles). https://doi.org/10.38204/komversal.v3i2.649
Rahayu, N. (2018). Manfaat Internet Marketing bagi Bisnis. Wartaekonomi. https://wartaekonomi.co.id/read178295/10-manfaat-internet-marketing-bagi-bisnis
Rahmana, A. (2009). Peranan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009), B-11-B-15.
Simamora, H. (2014). Manajemen Sumber Sumber Daya Manusia. Bina Aksara.
Sumarni, T., Melinda, L. D., & Komalasari, R. (2020). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2 SE-Articles). https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.489
Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(2 SE-Articles), 109–118. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & satisfaction. Andi.
Ubaidah, A. N. (2018). Begini Langkah Melakukan Pemasaran Menggunakan Media Digital. Loguique. https://www.logique.co.id/blog/2018/02/22/pemasaran-menggunakan-media-digital/
Verina, E. (2014). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Di Jejaring Sosial Facebook (Survei Pada Konsumen Toko Fashion Di Jejaring Sosial Facebook Yang Berlokasi Di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 10(1).