Pendampingan Pembuatan Website untuk Pemasaran Wisata dan UMKM Melalui Internet

  • Tri Rochmadi Universitas Alma Ata
  • Avrillaila Akbar Harahap Universitas Alma Ata
  • Asti Ratnasari Universitas Alma Ata
  • Nanik Wijaya Universitas Alma Ata
Keywords: website, wisata, umkm, agile

Abstract

Industri pariwisata sangat berpotensi membuka lapangan kerja di lingkungan tempat wisata. Pasar Kebon Empring mengalami penurunan wisatawan sejak pandemi Covid 19. Kebon Empring selain wisata juga ada kegiatan perekonomian dari pelapak UMKM di wisata tersebut. Supaya wisata dan UMKM di Pasar Kebon Empring kembali bergerak dan menggeliat lagi, diperlukan website untuk sarana promosi. Pendampingan dan pembuatan website dilakukan melalui tahapan pengembangan dengan pendekatan agile. Hasil dari kegiatan, ditemukan bahwasanya pengelola mengalami kesulitan dalam pembuatan. Sehingga kegiatan ini akan dilaksanakan berkelanjutan dalam waktu mendatang, agar website dapat segera digunakan sebagai sarana promosi. Diharapkan dengan website tersebut semakin memberikan banyak informasi tentang Pasar Kebon Empring dan meningkatkan wisatawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, W. (2013). Pentingnya Industri Pariwisata untuk RI. Okefinance. https://economy.okezone.com/read/2013/10/05/320/876933/pentingnya-industri-pariwisata-untuk-ri

Christianto, & Isputrawan, F. (2022). PENGEMBANGAN APLIKASI E-KOST BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE MICROSERVICE. JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems, 5(1), 52–65. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/jbase.v5i1.3472

Komalasari, R. (2020). MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI MASA PANDEMI COVID 19. TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 40,42,44,46. https://jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/view/369/238

Komalasari, R., Pramesti, P., & Harto, B. (2019). Teknologi Informasi E-Tourism Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia; Vol 2 No 2 (2020): Jurnal ALTASIA (Edisi Spesial Seminar Nasional Pariwisata)DO - 10.37253/Altasia.V2i2.559 . https://journal.uib.ac.id/index.php/altasia/article/view/559

Nazamuddin, B. S. (2016). Pembangunan Industri Kreatif dalam Mendukung Pariwisata Aceh.

Wibisono, D., Rochmadi, T., Marsuking, Setiorini, K. R., & Ruscitasari, Z. (2022). PENINGKATAN PENGETAHUAN PEMASARAN UKM SEMPE ARUM MANIS BERBASIS WEBSITE. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 83–87. https://doi.org/https://doi.org/10.32696/ajpkm.v6i1.1364

Wirawan, R., Aisyah, N., Rahman, A., Bilgah, Rahmawati, S., Medikano, A., Sebayang, A., & Putra, A. S. (2021). Perancangan Aplikasi Website Menggunakan Macromedia Dreamweaver Mx Untuk Budi Daya Anggrek ( Studi Kasus Toko Anggrek Berseri ). Jurnal Ilmiah Teknik Informatika (TEKINFO), 22(2), 77–86. https://doi.org/https://doi.org/10.37817/tekinfo.v22i2.1765

Published
2023-06-15
How to Cite
Tri Rochmadi, Harahap, A. A., Ratnasari, A., & Wijaya, N. (2023). Pendampingan Pembuatan Website untuk Pemasaran Wisata dan UMKM Melalui Internet. Darma Abdi Karya, 2(1), 31-35. https://doi.org/10.38204/darmaabdikarya.v2i1.1362