Pelatihan Dasar Elektro Pneumatik Untuk Siswa-Siswa SMK
Abstract
Prodi Teknologi Rekayasa Mekatronika, Politeknik Enjinering Indorama Purwakarta, telah menjalin kerja sama dengan SMK sebagai mitra. Salah satu program prodi adalah dalam bentuk pembinaan dengan melaksanakan pelatihan kepada guru dan siswa SMK. Pelatihan dasar elektro pneumatik untuk siswa SMK ini bertujuan untuk memberikan dasar-dasar elektro pneumatik kepada guru dan siswa SMK berjumlah 18 orang yang diselenggarakan di workshop Prodi Teknologi Rekayasa Mekatronika. Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi peserta karena bersesuaian dengan materi yang diberikan di sekolah. Hasil evaluasi pelatihan menunjukkan bahwa dari 18 kuesener yang diberikan kepada peserta menyatakan lebih dari 72% peserta sangat puas dengan pelatihan ini.
Downloads
References
Azman, A., Simatupang, W., Karudin, A., & Dakhi, O. (n.d.). LINK AND MATCH POLICY IN VOCATIONAL EDUCATION TO ADDRESS THE PROBLEM OF UNEMPLOYMENT.
Belajar, M., Merdeka, K., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2020). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Chryssolouris, G., Mavrikios, D., & Rentzos, L. (2016). The Teaching Factory: A Manufacturing Education Paradigm. Procedia CIRP, 57, 44–48. https://doi.org/10.1016/j.procir.2016.11.009
Dwijayanthi, K. D., & Rijanto, T. (2022). Implementation of Teaching Factory (TEFA) in Vocational School to Improve Student Work Readiness. Journal of Vocational Education Studies (JOVES), 5(1), 61–71. https://doi.org/https://doi.org/10.12928/joves.v5i1.5922
Maulina, M., & Yoenanto, N. H. (2022). Optimalisasi link and match sebagai upaya relevansi SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 28–37. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.48008
Fitrah: Journal of Islamic Education KONSEP KAMPUS MERDEKA BELAJAR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 ARTICLE HISTORY. (n.d.). http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah
Islahuddin, B. N., Wicaksono, S. A., & Purnomo, W. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Magang untuk Membantu Proses Administrasi Siswa Magang (Studi pada: Badan Kepegawaian Negara) (Vol. 4, Issue 5). http://j-ptiik.ub.ac.id
Jenderal, D., Tinggi, P., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
Maulina, M., & Yoenanto, N. H. (2022). Optimalisasi link and match sebagai upaya relevansi SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 28–37. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.48008
Mavrikios, D., Georgoulias, K., & Chryssolouris, G. (2018). The Teaching Factory Paradigm: Developments and Outlook. Procedia Manufacturing, 23, 1–6. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2018.04.029
Pendidikan, J. P., & Disas, E. P. (n.d.). Link and Match sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan Link and Match as a Vocational Education Policy.
Rentzos, L., Doukas, M., Mavrikios, D., Mourtzis, D., & Chryssolouris, G. (2014). Integrating manufacturing education with industrial practice using teaching factory paradigm: A construction equipment application. Procedia CIRP, 17, 189–194. https://doi.org/10.1016/j.procir.2014.01.126
Yulianto, H. D., & Firdaus, R. B. (2021). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING MAGANG DESIGN INTERNSHIP MONITORING INFORMATION SYSTEM. In IJIS Indonesian Journal on Information System.