Sinematografi Untuk Pemula
Abstract
Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat yang mengangkat judul Seminar Sinematografi dan Talkshow untuk pemula Tahun 2023 ini adalah untuk membantu siswa dan mahasiswa mengenal dunia film dan berkarya di dunia perfilman. Kemajuan dan perkembangan teknologi informasi secara konseptual telah melahirkan konsekuensi baru, yaitu semakin hilangnya keinginan untuk membaca buku, namun melahirkan inovasi baru dalam proses pembelajaran. Film merupakan salah satu bentuk penyajian teknologi audiovisual dan sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan yang dikemas dalam bentuk menggabungkan gambar gerak dan teks. Dengan memanfaatkan teknologi secara maksimal salah satunya dengan berkarya di dunia perfilman, generasi millennial bisa memulai dengan menjadi seorang content creator, influencer, sampai bisa menjadi sutradara bahkan bisa memiliki product house sendiri. Dengan demikian, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diselenggarakan dalam rangka membantu dan memperkenalkan sinematografi kepada siswa dan mahasiswa untuk memahami dan bisa mengembangkan minat bakat dalam dunia film.
Kata Kunci: sinematografi; film; videografi
Downloads
References
Aminnudin, F. H. (2020). Pelatihan Videografi Dan Editing Videosebagai Sarana Pengembangan Media Informasi BKKBN Provinsi Jambi. Fortech (Journal Of Information Technology), 4(2), 46–52.
Darmoyo, D. (2020). Pembuatan Film Pendek Berjudul ‘Jangan Menyerah’ Dengan Menggunakan Kamera Smarphone. Journal of Information System and Technology (JOINT); Vol 1 No 1 (2020): Journal of Information System and Technology (JOINT)DO - 10.37253/Joint.V1i1.1373 . https://journal.uib.ac.id/index.php/joint/article/view/1373
Husna, H. N., Aprillia, A. Y., Wulandari, W. T., Idacahyati, K., Wardhani, G. A., Gustaman, F., Nurdianti, L., Indra, & Diana Sri Zustika. (2022). PENGGUNAAN VIDEO SEBAGAI MEDIA EDUKASI KESEHATAN MATA DI MEDIA SOSIA. 5(3), 636–642. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i3
Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 38–50. https://doi.org/https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
Komara, L. H. (2021). POTENSI FILM PENDEK DI ERA INTERNET. 3(2), 48–53. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.51804/ijsd.v3i2.998
Kurniawan, W. P., Andriani, V., & Rikayama, T. (2020). Pembuatan Film Pendek Bertemakan Persahabatan “How Bromance Us.” JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 2(2 SE-Articles). https://doi.org/10.35746/jtim.v2i2.97
Larasati, P. K. P. (2021). EFEKTIVITAS CONTENT CREATOR DALAM STRATEGI PROMOSI DI ERA DIGITAL. SANDI : Seminar Nasional Desain, 1(0 SE-), 126–133. https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/102
Mahartha, A. (2018). Pengalihwujudan Karya Sinematografi Menjadi Video Parodi Dengan Tujuan Komersial Perspektif Perlindungan Hak Cipta. Kertha Patrika; Vol 40 No 01 (2018)DO - 10.24843/KP.2018.V40.I01.P02 . https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthapatrika/article/view/39989
Mahendra, R., Trisnadoli, A., & Nugroho, E. S. (2018). Implementasi Teknik Sinematografi dalam Pembuatan Film Animasi 3D Cerita Rakyat “Batu Belah Batu Betangkup.” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(2), 578–583. https://doi.org/https://doi.org/10.29207/resti.v2i2.483
Munawar, Z., Herdiana, Y., Suharya, Y., & Putri, N. I. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. TEMATIK, 8(2 SE-Articles). https://doi.org/10.38204/tematik.v8i2.689
Putri, N. I., Suharya, Y., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2022). Pengaruh Komunikasi Digital di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat. KOMVERSAL, 3(2 SE-Articles). https://doi.org/10.38204/komversal.v3i2.649
Rahman, A., & Sya’dian, T. (2020). Videografi Pada Penciptaan Film Pendek “Viola.” Jurnal Mahasiswa FSD (Fakultas Seni Dan Desain), 1(1), 317–328.
Reynata, A. V. E. (2022). PENERAPAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA BARU DALAM KOMUNIKASI MASSA. Komunikologi, 19(2), 96–101.
Satria, R. G. S., Trianggana, D., & Suranti, D. (2015). PEMBUATAN FILM PENDEK ACTION FORMAT 3D YANG BERJUDUL WAR OF MACHINE MENGGUNAKAN AUTODESK 3DS MAX. JURNAL MEDIA INFOTAMA, 11(1 SE-Penelitian). https://doi.org/10.37676/jmi.v11i1.253
Subadi. (2022). Analisa Engagement Media Sosial Terhadap Viralnya Film Pendek Tilik (2018). IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, & Media Baru, 13(1 SE-), 11–31. https://doi.org/10.52290/i.v13i1.69