Pelatihan Pemasaran Produk UMK – Digital Marketing Tahun 2022 Kelurahan Cipedes, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya

  • Annisa Desty Puspatriani Politeknik LP3I
  • Arip Budiman Politeknik LP3I
  • Lutfi Kausar Rahman Politeknik LP3I
Keywords: pemasaran, pemasaran produk, digital marketing, umk

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat yang mengangkat judul Pelatihan Pemasaran Produk UMK-Digital Marketing Tahun 2022 Kelurahan Cipedes ini adalah untuk membantu masyarakat dan pelaku UMK mendapatkan skill dalam mengkomunikasikan merek dan produk melalui media digital juga pendampingan untuk mengoptimalkan komunikasi pemasaran digital yang sudah dilakukan peserta. Jika dibandingkan dengan teknik pemasaran konvensional atau tradisional, saat ini metode digital marketing lebih diminati karena metode digital marketing memiliki return of investment atau ROI yang terbilang cukup tinggi. Dengan mengeluarkan biaya rendah, pemasaran dapat memberikan hasil yang memuaskan. Strategi digital marketing juga memiliki tujuan dalam meningkatkan visibilitas, kemudahan akses pelanggan dan prospek pelanggan, serta tingkat paparannya. Nilai tambah lainnya dari strategi pemasaran ini adalah kemudahan dalam penggunaannya. Fleksibilitas interaksi yang terjadi di antara calon pelanggan atau pelanggan dengan perusahaan juga salah satu nilai tambah. Dengan demikian, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diselenggarakan dalam rangka membantu masyarakat dan pelaku UMK Kelurahan Cipedes mengetahui dan memahami cara mengkomunikasikan merek dan produk mereka melalui media digital sehingga dapat menjangkau target pasar yang lebih luas karena pemasaran menggunakan media digital tak terbatas letak geografis.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Annisa Desty Puspatriani, Politeknik LP3I

 

 

Arip Budiman, Politeknik LP3I

 

 

Lutfi Kausar Rahman , Politeknik LP3I

 

 

References

Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., Alfaridzi, M. W., Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital, IKRA-ITH ABDIMAS, 6(2), 68-75, https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2408

Avriyanti, S. (2021). Strategi Bertahan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19 dengan

Memanfaatkan Bisnis Digital (Studi pada UKM yang Terdaftar pada Dinas Koperasi, Usaha

Kecil dan Menengah Kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis, 5(1), 60–74

Chakti, G. (2019). The Book of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Makassar: Celebes Media Perkasa

Harto, B., Sumarni, T., Dwijayanti, A., Komalasari, R., Widyawati, S., Transformasi Bisnis UMKM Sanfresh Melalui Digitalisasi Bisnis Pasca Covid 19, IKRA-ITH ABDIMAS, 6(2), 9-15, https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2399

Harto, B., & Komalasari, R. (2019). Optimalisasi Platform Online Internet Marketing Untuk SME Little Rose Bandung. Empowerment in the Community, 1(1), 1-6. DOI: http://dx.doi.org/10.31543/ecj.v1i1.357

Lindawati, S., Hendri, M., & Hutahaean, J. (2020). Pemasaran Digital. Medan: Yayasan Kita

Menulis

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19 . Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 7(1), 38-50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369

Komalasari, R., Harto, B., & Setiawan, R. (2021). UMKM Go-Digital sebagai Adaptasi dan Inovasi Pemasaran Arkha Minoritas pada Pandemi COVID-19. IKRA-ITH ABDIMAS, 4(1), 1–7

Pramesti, P., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Munawar, Z. (2021). Transformasi Bisnis Digital UMKM Bola Ubi Kopong di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(2), 112-119. https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i2.700

Sumarni, T., Melinda, L. D., & Komalasari, R. (2020). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 163-171. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.489

Published
2023-01-02
How to Cite
Annisa Desty Puspatriani, Arip Budiman, & Lutfi Kausar Rahman. (2023). Pelatihan Pemasaran Produk UMK – Digital Marketing Tahun 2022 Kelurahan Cipedes, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya. Darma Abdi Karya, 1(1), 56-62. https://doi.org/10.38204/darmaabdikarya.v1i1.1170