Bijak dalam Berbelanja Online bagi Masyarakat Usia Produktif Desa Neglasari, Kecamatan Jatiwaras

  • Untung Eko Setyasari Politeknik LP3I Kampus Tasikmalaya
  • Nijar Kurnia Romdoni Politeknik LP3I
  • Maulana Kurniawan Politeknik LP3I
  • Sandi Nurhadiana Politeknik LP3I
  • Nisa Indriani Politeknik LP3I
  • Ilham Wiguna Mufhni Politeknik LP3I
Keywords: belanja online, perilaku konsumen, e-commerce

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat yang mengangkat judul Pendampingan Terkait Perilaku Konsumen: Bijak Dalam Berbelanja Online Bagi Masyarakat Usia Produktif Desa Neglasari, Kecamatan Jatiwaras ini adalah untuk mengubah mindset masyarakatnya agar lebih bijak dalam hal berbelanja online meskipun diiming-imingi dengan berbagai kemudahan. Hal ini berangkat dari adanya informasi yang didapati oleh kelompok mahasiswa KKN TM di desa ini setelah komunikasi dengan pihak Bumdes setempat. Diketahui bahwa dalam kurun waktu dua tahun, pihak pemerintah desa melalui bumdes merasa khawatir akan perilaku masyarakatnya yang berubah menjadi konsumtif. Hal ini didasarkan pada terdapatnya kasus yang terjadi karena perubahan gaya berbelanja masyarakat di desanya, sementara antusias sangat minim ketika Bumdes setempat melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk berentrepreneur. Pada awalnya, mereka harus berusaha ‘lebih’ untuk berbelanja karena harus pergi ke Ibu Kota kecamatan untuk berbelanja, sementara dengan adanya e-commerce maka cara berbelanja mereka pun jauh lebih mudah. Tak jarang, masalah ini yang kemudian menjadi awal pencetus permasalahan di dalam rumah tangga, mulai retaknya hubungan suami istri, maupun orang tua dan anak. Kekhawatiran inilah yang kemudian meng-ilhami kegiatan pendampingan terkait perilaku konsumen dengan harapan semua masyarakat usia produktif lebih bijak dalam berbelanja online dan berpikir panjang ketika akan memutuskan untuk belanja, serta orang tua pun lebih faham dengan konsep belanja online yang biasanya dengan lihai dilakukan oleh putra-puterinya.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nijar Kurnia Romdoni, Politeknik LP3I

 

 

Maulana Kurniawan, Politeknik LP3I

 

 

Sandi Nurhadiana, Politeknik LP3I

 

 

Nisa Indriani, Politeknik LP3I

 

 

Ilham Wiguna Mufhni, Politeknik LP3I

 

 

References

Baroroh, Fazlina Silvi. 2021. Perubahan Sosial Dengan Adanya Belanja Online. Jakarta : Kompasiana. Diunduh pada 18 April 2022, 15:17:23 WIB. https://www.kompasiana.com/fazlinasilvi/60a08ea58ede48066a7199b2/perubahan-sosial-dengan-adanya-belanja-online

Harahap, Dedy Ansari, Amanah, Dita. 2018. Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. Jakarta : UNJ. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) | Vol 9, No. 2, 2018. Diunduh pada 18 April 2022, 13:07:33 WIB. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/6005/5876

Published
2022-12-26
How to Cite
Setyasari, U. E., Nijar Kurnia Romdoni, Maulana Kurniawan, Sandi Nurhadiana, Nisa Indriani, & Ilham Wiguna Mufhni. (2022). Bijak dalam Berbelanja Online bagi Masyarakat Usia Produktif Desa Neglasari, Kecamatan Jatiwaras . Darma Abdi Karya, 1(1), 42-49. https://doi.org/10.38204/darmaabdikarya.v1i1.1150