Pengaruh Store Athmosphere terhadap Minat Beli Konsumen pada Toko Labaik Chicken di Pondok Cilegon Indah Kota Cilegon
Abstract
Store atmosphere merupakan suasana toko yang sangat berpengaruh bagi sebuah toko untuk membuat komsumen merasa betah dan nyaman untuk memilih jenis produk yang akan dibelinya. Suasana toko dapat digambarkan sebagai perubahan terhadap perencanaan lingkungan pembelian yang menghasilkan efek emosional khusus, yang dapat menyebabkan konsumen melakukan tindakan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran store atmosphere serta pengaruhnya terhadap Minat Beli Konsumen di Toko Labaik Chicken. Identifikasi masalah diketahui masih belum optimalnya tampilan toko baik secara eksterior maupun interior maupun pengaturan layout ruangan yang masih monoton. Permasalahan juga terjadi pada Kurangnya jumlah pengunjung toko dan menurunnya minat beli dalam satu tahun terakhir menjadi permasalahan.
Penelitian ini menggunakan materi Berman dan Evan (2014:545), indikator yang digunakan store atmosphere adalah : Exterior (bagian luar toko), General Interior, Layout Ruangan (Tata Letak), Interior Point of Interest Display (Dekorasi Pemikat Dalam Toko). Adapun indikator yang digunakan untuk mengukur minat beli, diantaranya: minat transaksional, minat referensial, minat preferensial dan minat eksploratif (Ferdinand, 2014: 188). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Adapun Pengaruh store athmosphere terhadap minat beli konsumen pada toko Labaik Chicken PCI dari perhitungan koefisien korelasi Product Moment sebesar 0,63. Oleh Karena itu terdapat pengaruh antara variabel store athmosphere terhadap minat beli konsumen di toko Labaik Chicken PCI, termasuk kedalam kategori kuat, karena ada pada skala interval 0,60 – 0,799 dan bersifat positif atau hubungan nya searah. Adapun nilai dari perhitungan Koefisien Determinasi yaitu sebesar 40% yang artinya store athmosphere mempunyai pengaruh sebesar 40%, dan 60% lainnya faktor – faktor yang mempengaruhi yang tidak diteliti oleh peneliti. Uji hipotesis menghasilkan nilai , thitung = 7,610 selanjutnya dibandingkan dengan ttabel untuk kesalahan 5% uji dua pihak dan db =90 – 2 = 88 , maka diperoleh ttabel = 1,987. Dari hasil perhitungan ternyata thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara store athmosphere terhadap minat beli konsumen pada toko Labaik Chicken di PCI Kota Cilegon.
Downloads
References
Schifmann, L.G. & Kanuk, L.L (2016), Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh, Jakarta, Penerbit PT.indeks
Sandala, F. D., Tumbel, A. L., & Tampenawas, J. L. (2021). Pengaruh kelompok referensi, persepsi harga dan store atmosphere terhadap minat beli konsumen pada umkm beenji café di sario kecamatan sario. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(1).
Tanjung, A. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. JURNAL MANAJEMEN Pelita Bangsa, 5(03), 1-18.
Yuliani, N. K. D., Mitariani, N. W. E., & Atmaja, N. P. C. D. (2021). Pengaruh strore atmosphere , kualitas pelayanan, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada toko fashion dewa ayu shop klungkung. 2(1), 150-161.