Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Bengkel AHASS Bintang Motor Banjaran

  • Untung Eko Setyasari Politeknik LP3I Kampus Kota Tasikmalaya
  • Salsabila Politeknik LP3I Kampus Kota Tasikmalaya
  • Rudi Kurniawan Politeknik LP3I Kampus Kota Tasikmalaya
Keywords: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, AHASS

Abstract

Seiring bertambahnya jumlah pengguna sepeda motor di Indonesia, masyarakat tentu saja membutuhkan sarana prasarana untuk perawatan dan perbaikan kendaraannya. Melihat kemungkinan tersebut, usaha penyedia layanan servis atau bengkel dapat dijadikan peluang usaha yang menguntungkan bagi pemilik modal. Bertambahnya jumlah bengkel sepeda motor di Indonesia, baik bengkel resmi maupun milik perorangan membuat persaingan usaha bengkel saat ini semakin kompetitif sehingga pola persaingan terfokus pada perang strategi untuk menjadi bengkel pilihan utama pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kualitas layanan; (2) loyalitas pelanggan; dan (3) pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Bengkel AHASS Bintang Motor Banjaran. Berdasarkan jenis data yang diperoleh, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Metode survey dipilih untuk mengetahui keberadaan pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 392 yang dipilih menggunakan metode non probability sampling dengan jenis accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji t (parsial) menggunakan software IBM SPSS Statistics 25. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Bengkel AHASS Bintang Motor Banjaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku
Fatihudin, D. dan Anang Firmansyah. 2019. Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halim, F. dkk. 2021. Manajemen Pemasaran Jasa. Yayasan Kita Penulis.

Muhidin, Sambas Ali, dan Maman Abdurahman. 2017. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian Dilengkapi dengan Aplikasi Program SPSS. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rahayu, S. 2019. Kepuasan & Loyalitas Pelanggan terhadap Obyek Wisata. Palembang: CV Anugerah Jaya.

Siregar, Sofyan. 2016. Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Jurnal
Imron, 1. 2019. Analisa Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen. (Jurnal IJSE-Indonesian Journal on Software Engineering Vo. 5 No. 1: Hlm. 22-23)
Martin, D. dan Arif Yusuf Hamali. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Adidaya Digital Printing Bandung. Jurnal Stieamkop Vo. 3 No. 1: Hlm. 45)
Putri, Fifana Kusuma, dkk. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Matahari Departement Store di Mantos 2. (Jurnal EMBA Vo. 9 No. 1: Hlm. 1436-1437)
Soleha, L. dkk. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di AHASS Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. (Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vo.12 No. 1: Hlm. 21)
Solichin, Ilham Akbar, dkk. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayan terhadap Loyalitas Pelanggan Restaurant Quick Chicken Jalan Jawa No.63 Jember Tahun 2016. (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vo. 11 No. 1, 2017: Hlm. 64)

Website
Badan Pusat Statistik. Data Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor. Sumber:https://www.bps.go.id/indicator/17/57/1/jumlah-kendaraan-bermotor.html (diakses pada 29 Desember 2021 pukul 13.50).
Published
2022-06-28
How to Cite
Untung Eko Setyasari, Salsabila, & Rudi Kurniawan. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Bengkel AHASS Bintang Motor Banjaran. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(1), 121-131. https://doi.org/10.38204/atrabis.v8i1.961