Pengaruh Lingkungan Sociopreneur dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha pada Wirausaha Wanita (Survei Pada Komunitas Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Kota Bandung)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari lingkungan sociopreneur dan motivasi terhadap keberhasilan usaha pada wirausaha wanita (Survei dilakukan pada Komunitas Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Kota Bandung). Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis vertifikatif, dan analisis linier berganda. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anggota dari komunitas IWAPI di Kota Bandung yaitu sebanyak 195 orang, serta sampel yang diperoleh dengan rumus slovin yaitu sebanyak 68 responden.Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa responden memiliki lingkungan sociopreneur, motivasi, dan keberhasilan usaha yang baik. Sedangkan analisis secara verifikatif menunjukan bahwa lingkungan sociopreneur secara parsial berpengaruh terhadap keberhasilan usaha. Motivasi secara parsial berpengaruh terhadap keberhasilan usaha. Lingkungan Sociopreneur dan Motivasi secara simultan berpengaruh terhadap Keberhasilan Usaha.
Downloads
References
Budiarti, I. (2016). Pengaruh Kepemimpinan dan Kemampuan Karyawan terhadap Keberhasilan Usaha pada Distributor Susu CV. Umskey Bandung. SUSUNAN TIM JURNAL RISET BISNIS DAN MANAJEMEN (JURISMA) UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA, 53.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS Ver 20.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Husein, U. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 14.
Indriyatni, L. (2013). Analisis faktor faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan usaha mikro dan kecil (studi pada usaha kecil di Semarang Barat). JURNAL STIE SEMARANG (EDISI ELEKTRONIK), 5(1), 54-70.
Sunil Kumar, R., & Harold Andrew Patrick. (2018). Motivating factors that influence women entrepreneurs. International Journal of Research in Business Management, 6(4), 65-80
Lucky, E. O. I., Olusegun, A. I., & Bakar, M. S. (2012). Determinants of Business Success: Trust or Business Policy?. Researchers World, 3(3), 37.
Primiana, I. (2009). Menggerakkan sektor riil UKM & Industri Bandung.
Barba-Sanchez, V., & Atienza-Sahuquillo, C. (2011). Reasons to create a new venture: A determinant of entrepreneurial profiles. African Journal of Business Management, 5(28), 11497-11504.
Solesvik, M., Iakovleva, T., & Trifilova, A. (2019). Motivation of female entrepreneurs: a cross-national study. Journal of Small Business and Enterprise Development.
Suryana, Y., Komaladewi, R., & Zusnita, W. (2017). The model of successful female entrepreneurs. Review of Integrative Business and Economics Research, 6(2), 197.
Tisa, A., & Anggadwita, G. (2018). Pengaruh Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha Pada Women Entrepreneur Pemilik Usaha Fashion Di Kota Bandung. eProceedings of Management, 5(2).
Raharjo, S. T. (2014). PENGARUH KEMAMPUAN ADAPTASI DAN KEUNGGULAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KINERJA PROSES UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KUALITAS PRODUK PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH DI JAWA TENGAH. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 4(1).
Tran, A. T., & Von Korflesch, H. (2016). A conceptual model of social entrepreneurial intention based on the social cognitive career theory. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship.
Tri Rohadi, Teguh. 2016, Pengaruh Kemampuan Adaptasi dengan Lingkungan, Perilaku Masyarakat dan Stres Kerja Terhadap Produktivitas yang berdampak pada kinerja Pemetik The (Studi Kasus di Perkebunan The Medini Kabupaten Kendal), Journal Of Management, Volume 02, no.20 March 2016
Uno, H. B. (2021). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.
Walfajri, Maizal dan Narita. 2018. Jumlah Pelaku UMKM di 2018 Diprediksi Mencapai 58,97 Juta Orang. [internet]. Diakses pada 29 Maret 2019. https://keuangan.kontan.co.id/news/jumlah-pelaku-umkm-di-2018-diprediksi-mencapai-5897-juta-orang
Zhouqiaoqin, Y., Lu, Z., & Kumah, S. (2013). Factors that influence the success of women entrepreneurs in China: A survey of women entrepreneurs in Beijing. Journal of Humanities and Social Science, 18(3), 83-91.