Pelatihan E-Commerce Untuk Mendapatkan Peluang Bisnis Bagi Mahasiswa Politeknik LP3I Bandung Pasca Pandemi Covid 19 (bekerjasama dengan UMKM Kirihuci sebagai pelatih e-commerce)

  • Irwan Hermawan Politeknik LP3I
  • Dewi Reniawaty Politeknik LP3I
  • Panji Pramuditha Politeknik LP3I
  • Mira Ismirani Fusdsyi Politeknik LP3I
Keywords: E-commerce, peluang bisnis, pelatihan

Abstract

Penggunaan internet sangat dibutuhkan terutama dua tahun terakhir, saat seluruh dunia terdampak pandemi covid 19. Semua sektor baik yang bekerja di kantoran, pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pengusaha dan lain-lain sangat tergantung kepada keberadaan internet. E-commerce makin berkembang terutama dengan maraknya persaingan dengan menggunakan e-commerce ini karena masyarakat tidak perlu repot keluar rumah untuk mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkannya tetapi cukup dengan menggunakan internet di rumah. Masyarakat millennial perlu diberi pengertian dan pelatihan bagaimana penting nya e-commerce dalam mengembangkan suatu peluang bisnis yang semakin berkembang. UMKM Kirihuci melakukan pelatihan ke 75 – 80 orang mahasiswa LP3i Bandung: 1. Mengenai mengenal potensi diri yang dimiliki, 2. Analisa peluang usaha yang ada di sekitar kita, 3. Copy writing dan sosmed, 4. Marketplace dan iklan. Diharapkan mahasiswa yang sudah mengikuti pelatihan ini dapat mengembangkan keahliannya dalam membuat aplikasi e-commerce seperti Business to Business (B2B), Business to Consumer (B2C), Online to Offline (O2O) agar menambah wawasan pengetahuan mereka tentang penggunaan e-commerce saat mereka memulai membuka usaha bisnis barunya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, Adiono, 2011, Peran E-commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing UKM, Bandung. STIE-INABA
Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII), 9 Juni 2022
Essential of Management Information System. New Jersey: Prentice Hall E-Commerce. New Jersey : oracle corp. Michael Cross, (2013) .
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran Indonesia.Buku 2. Jakarta: Salemba Empat. 2007.
Leveraging Social Networking While Mitigating Risk: 1st Edition, Syngress.
Menciptakan Penjualan Melalui Social Media.Jakarta (ID) : PT Elex Komputindo. Purwana, Dedi. (2017).
Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2017 Tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (Road Map e-commerce) Puntoadi, Danis. (2011).
Pressman 2019, Metode Rational Unified Process (RUP)
Sistem Informasi Manajemen. Salemba. Jakarta. Laudon, J., dan Laudon, K. C. (1998).
Survei Internet Indonesia 2021 – 2022.
We are social.com, Agensi Digital Marketing Amerika.
Manajerial, Vol. 12 No.2 Juni 2020, Hal – 199 http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/
Published
2021-06-28
How to Cite
Irwan Hermawan, Dewi Reniawaty, Panji Pramuditha, & Mira Ismirani Fusdsyi. (2021). Pelatihan E-Commerce Untuk Mendapatkan Peluang Bisnis Bagi Mahasiswa Politeknik LP3I Bandung Pasca Pandemi Covid 19 (bekerjasama dengan UMKM Kirihuci sebagai pelatih e-commerce). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(1), 96-106. Retrieved from https://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/932