Pengaruh Kepuasan dan Motivasi Mahasiswa Melalui Word Of Mouth Terhadap Loyalitas di Politeknik LP3I Kampus Kota Cirebon

  • Muhammad Furqon politeknik lp3i Kampus Kota Cirebon
Keywords: kepuasan mahasiswa, motivasi mahasiswa, word of mouth, loyalitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh kepuasan dan motivasi mahasiswa terhadap word of mouth, 2) menganalisis pengaruh kepuasan siswa, motivasi siswa, dan word of mouth terhadap loyalitas mahasiswa, dan 3) menguji pengaruh tidak langsung dari kepuasan dan motivasi mahasiswa melalui word of mouth pada loyalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah 584 mahasiswa, dengan 237 mahasiswa sebagai responden. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk mengumpulkan data, yang berkaitan dengan kepuasan dan motivasi siswa dari mulut ke mulut yang berdampak pada loyalitas, dengan menggunakan analisis jalur dan data penelitian dianalisis menggunakan SPSS 20.0. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan dan motivasi mahasiswa yang berdampak pada word of mouth. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan mahasiswa, motivasi mahasiswa, dan word of mouth terhadap loyalitas, 3) Terdapat pengaruh positif dan sangat kecil antara kepuasan mahasiswa dan motivasi mahasiswa melalui word of mouth terhadap loyalitas. Oleh karena itu, manajemen kampus harus lebih memperhatikan peningkatan kepuasan mahasiswa, dan motivasi mahasiswa, meningkatkan word of mouth yang berdampak pada loyalitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aruma, E.O. and Melvins Enwuvesi Hanachor. 2017. Department of Adult and Non-Formal Education. International Journal of Development and Economic Sustainability Vol.5, No.7, pp.15-27. University of Port Harcourt, P.M.B 5323, Port Harcourt, Rivers State, Nigeria.
Ayuni Devi, Andy Mulyana. 2015. The Influence of the Loyalty-Forming Factors of Open University Students. Journal of Management and Organization. Volume VI, No. 3.
Berger, Jonah. 2014. Word of mouth and interpersonal communication: A review and directions for future research. Journal of Consumer Psychology 24, 4 (2014) 586 – 607.
Giese J, Cote. 2016. Defining Consumer satisfaction. Journal of Marketing Science Review.
Halim Paisal and Irma Sriwahyuni. 2015. Patient Satisfaction Level at Local General Hospital in Mamuju Regency, Indonesia. International Journal of Science and Research (IJSR), ISSN (Online): 2319-7064. Copernicus Value Index (2015): 78.96 | Impact Factor (2015): 6,391.
Han, Heesup Al-Ansi, Amr Chi, Xiaoting Baek, Hyungshin Lee, Kyung Sik. 2020. Impact of environmental CSR, service quality, emotional attachment, and price perception on word-of-mouth for full-service airlines, Sustainability (Switzerland).
Hendrarso Panji and Baby Poernomo. 2017. The Role Of Interpersonal Communication In Helping Ex-Drug Users Regain Their Confidence To Return To Society: A Phenomenological Approach. Asian Journal of Social Sciences & Humanities Vol. 6(1).
Irawan Bambang. 2014. Administrative Reform and National Character: A Conceptual Study. Scientific Journal of Administrative Sciences ISSN 2085-1162. Volume VI, number 02.
Ismowati Mary and Rizka Mardiyanto. 2017. Analysis of the Community Satisfaction Index to Improve the Quality of Community Service at the Kotabaru District Office, Karawang Regency. Scientific Journal of Administrative Sciences. ISSN 2085-1162. Volume 9, Number 02.
Juni Clara Sitepu, Aulia Putri, 2020. The Hierarchy of Needs OF LOUISA CLARK IN ME BEFORE YOU NOVEL. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Vol. 11, No 1: 118-130
Kotler & Keller. 2009. Marketing Management. Volume I. 13th edition. Jakarta: Erlangga.
Maulamin Taufan and Bambang Istianto. 2017. On-Line Transportation Policy and Social Conflict. Journal of State Administration – ASIAN, ISSN: 2338-9567. Volume 5.
Ngoma, Muhammed Ntale, Peter Dithan. 2019. Word of mouth communication: A mediator of relationship marketing and customer loyalty. Journal of Cogent Business and Management.
Ring, Amata Tkaczynski, Aaron Dolnicar, Sara. 2016. Word-of-Mouth Segments: Online, Offline, Visual or Verbal?. Journal of Travel Research. Vol. 55(4) 481–492.
Sandjojo Nidjo. 2011. Path Analysis Methods and Its Applications. Jakarta: Sinar Harapan Library.
Sernovitz Andy. 2006. Word of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People Talking (Revised Edition). New York: Kaplan Publishing.
Sudrajat Ajat. 2016. The Effect of Academic Service Quality and Student Satisfaction on Student Loyalty at Singaperbangsa University Karawang. Value Journal of Management and Business ISSN 2541-397X. Vol. 1.
Suliyanto. 2017. Pelatihan Metode Pelatihan Kuantitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(2), 223 – 232.
Tjiptono Fandy & Chandra Gregory. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Published
2022-06-28
How to Cite
Muhammad Furqon. (2022). Pengaruh Kepuasan dan Motivasi Mahasiswa Melalui Word Of Mouth Terhadap Loyalitas di Politeknik LP3I Kampus Kota Cirebon. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(1), 61-70. Retrieved from https://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/919