Penerapan Strategi Marketing Melalui Iklan Berbayar pada Marketplace untuk Meningkatkan Penjualan di KAREEMA_OFFICIAL

  • Asye Rachmawaty Politeknik LP3I
  • Ahmad Sahi Politeknik LP3I
  • Igus Rahmat Ginanjar

Abstract

Sudah menjadi perbincangan hangat melakukan pemasaran secara online di era digital saat ini. Berbagai fitur ditawarkan dan menjadi keunggulan masing-masing aplikasi, dari media sosial, website, blog, aplikasi android, hingga marketplace. Kareema Hijab Outfit adalah salah satu UKM yang berdiri di tengah pandemi, tahun 2021, dimana banyak UKM yang terhenti aktifitasnya di masa pandemi ini dikarenakan pejualannya yang menurun, hingga berakibat pada produksi. Tentunya sebagai UKM yang baru, memperkenalkan produk dan brand menjadi hal utama yang perlu dilakukan. Namun setelahnya, mendatangkan pembeli adalah tujuan pokoknya. Dikarenakan UKM ini belum memiliki toko offline, maka memasarkan secara online adalah pilihan tepat.Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pendampingan pada Kareema Hijab Outfit dalam menerapkan iklan berbayar di salah satu marketplace. Metode penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, bahwa Kareema Hijab Outfit mampu meningatkan penjualan dan performa tokonya setelah menggunakan iklan berbayar di salah satu marketplace. Dapat disimpulkan bahwa menggunakan fitur iklan berbayar dapat menjadi salah satu strategi marketing untuk meningkatkan penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, H., Marta, R, F., Cristanti. (2021). Dampak Strategi Pemasaran Digital Shopee Terhadap Pembelian Impulsif Produk Kesehatan Selama Pandemi di Indonesia. Communication (e-journal), 12(2), 122-131. http://dx.doi.org/10.36080/comm.v12i2.1500
Albi Anggito, Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=59V8DwAAQBAJ&oi=fnd&
pg=PP1&dq=penelitian+deskriptif+kualitatif+menurut+para+ahli&ots=5Haxs
DhrEq&sig=-
IyZobJmjXJczoqwevitBzE0n1M&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian%20d
eskriptif%20kualitatif%20menurut%20para%20ahli&f=false
Azka, R. M. (2021, Februari 21). Retrieved from Bisnis.com: https://market.bisnis.com/read/20210221/192/1359021/emiten-peralatan-medis-itama-ranoraya-irra-panen-laba-saat-pandemi
Dewi, U., Dewi, E F. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram.
Jurnal Widya Cipta, Vol 2, No 2. 271-278.
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta
Fauziah. (2020). Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop “Shoppe” Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal ABIWARA, 1(2), 45-53. https://ojs.stiami.ac.id/index.php/ABIWARA/article/download/793/439
Nurani, Widhajati E., (2019). Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM Di PLUT KUMKM Tulungagung. Jurnal BENEFIT, 6(1), 58-66. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/benefit/article/view/267
Rachmawaty, A. (2021). Optimasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(1), 29-44. https://doi.org/10.38204/tematik.v8i1.535
Rachmawaty, A. (2021). Strategi Marketing Menggunakan Instagram. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(1), 39-51. https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i1.565
Yustiani R., Yunanto R., (2017). Jurnal KOMPUTA, 6(2), 43-48. http://komputa.if.unikom.ac.id/_s/data/jurnal/volume-6.2/1.komputa-6.2-peran-marketplace-rini-rio.pdf/pdf/1.komputa-6.2-peran-marketplace-rini-rio.pdf
https://kumparan.com/berita-hari-ini/pengertian-iklan-lengkap-dengan-jenis-tujuan-dan-ciri-cirinya-1uudwAOPVBn
https://hot.liputan6.com/read/4598760/tujuan-iklan-unsur-jenis-dan-pengertiannya-menurut-para-ahli
https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/ikuti-cara-promosi-produk-dengan-iklanku-untuk-jangkau-banyak-pembeli/#:~:text=Iklanku%20merupakan%20salah%20satu%20fitur,top%20Seller%20di%20Shopee%20lho
Published
2022-06-28
How to Cite
Asye Rachmawaty, Ahmad Sahi, & Ginanjar, I. R. (2022). Penerapan Strategi Marketing Melalui Iklan Berbayar pada Marketplace untuk Meningkatkan Penjualan di KAREEMA_OFFICIAL. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(1), 37-47. https://doi.org/10.38204/atrabis.v8i1.914