Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Analisis Swot Dan Waspas Pada Jasa Percetakan Undangan Confetti Project

  • Trisda Derama Universitas Mulawarman
  • Muhammad Fikry Aransyah Universitas Mulawarman
Keywords: Strategi Pemasaran, SWOT, WASPAS

Abstract

Dengan berkembangnya bisnis yang semakin pesat, tidak terkecuali bisnis jasa mengakibatkan persaingan yang ketat. Salah satu bisnis jasa yang sedang berkembang pesat pada saat ini adalah jasa percetakan undangan. Confetti Project yang merupakan salah satu bisnis jasa percetakan undangan di Samarinda harus mampu menghadapi ketatnya tingkat persaingan. Dengan tujuan menganalisis strategi pemasaran yang tepat untuk Confetti Project dengan menggunakan metode mix method yang dilakukan dengan dua tahap, yaitu metode analisis SWOT dan WASPAS. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini ada 4 cara, yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan survei dengan jumlah sampel 78 orang. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil perhitungan WASPAS yang didapatkan dari matriks SWOT yang ada diperoleh hasil akhir dari perhitungan WASPAS, yaitu alternatif strategi (A2) mendapatkan peringkat 1 dengan nilai Qi sebesar 0,835, sedangkan alternatif strategi (A6) mendapatkan peringkat 8 atau terakhir dengan nilai Qi sebesar 0,769. Dapat disimpulkan bahwa Confetti Project dapat menerapkan alternatif strategi meningkatkan kualitas hasil cetakan undangan dan pelayanan kepada pelanggan (A2) yang menempati peringkat 1 dari hasil perhitungan WASPAS, sebagai strategi pemasaran selanjutnya untuk mengembangkan bisnisnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, D. H. N. H. (2018). Manajemen Strategi Pemasaran. CV Pustaka Setia.
Alma, P. D. H. B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (9th ed.). Alfabeta.
DR. Ir. Ahmad. (2020). Manajemen Strategis. CV Nas Media Pustaka.
Fatimah, F. N. D. (2020). Teknik Analisis SWOT (Pedoman Menyusun Strategi yang Efektif & Efisien serta Cara Mengelola Kekuatan & Ancaman). Anak Hebat Indonesia.
Haryanti, T., Kurniawati, L., & Riyadi, S. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Rumah Tangga Miskin Pada Desa Cibangkong Dengan Metode Waspas. Jurnal Riset Informatika, 1(4), 197–204. https://doi.org/10.34288/jri.v1i4.103
Hasiholan, L. B., Amboningtyas, D., & Pambudy, A. P. (2021). Peranan Analisis SWOT dalam Meningkatkan Daya Saing pada Franchise Panganan Ringan di Kota Semarang. Media Sains Indonesia.
Kotler, P., Kertajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 (Bergerak dari Tradisional ke Digital). PT Gramedia Pustaka Utama.
Marbun, E. D., Simanjuntak, E. R., Siregar, D., & Afriany, J. (2018). Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Menentukan Tepung Terbaik Untuk Memproduksi Bihun. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 5(1), 24–28.
Pratama, A., Tambunan, W., & Sitania, D. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Jasa Percetakan dengan Menggunakan Metode SWOT dan Analytic Hierarchy Process Marketing Strategy Analysis of Printing Services SWOT Method and Analytical Hierarchy Process. JIME (Journal of Industrial and Manufacture Engineering), 4(1), 12–21. http://ojs.uma.ac.id/index.php/jime
Prof. Dr. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D) (3rd ed.). Alfabeta.
Rangkuti, F. (2015). Personal SWOT Analysis. PT Gramedia Pustaka Utama.
Setiyaningrum, A., Udaya, J., & Efendi. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Pengenalan Plus Tren Terkini tentang Pemasaran Global, Pemasaran Jasa, Green Marketing, Entrepreneurial Marketing dan E-Marketing). Penerbit ANDI.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Penerbit ANDI.
Published
2022-06-28
How to Cite
Trisda Derama, & Muhammad Fikry Aransyah. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Analisis Swot Dan Waspas Pada Jasa Percetakan Undangan Confetti Project. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(1), 18-29. Retrieved from https://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/912