Pengembangan Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di Atun Seafood RRI Cirebon)
Abstract
Atun Seafood merupakan salah satu restoran yang menerapkan strategi pemasaran yang bertujuan untuk menarik minat beli konsumen sehingga konsumen tersebut dapat melancarkan dan meningkatkan perkembangan restoran dan pada akhirnya akan meningkatkan omzet pendapatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan strategi pemasaran untuk meningkatkan minat beli konsumen pada Atun Seafood RRI Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu kuantitatif korelasional, karena berusaha untuk mengetahui ada tidaknya hubungan sebab akibat yang terjadi antara pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Pengembangan strategi pemasaran menggunakan marketing mix dengan indikator: product, price, promotion, dan place. Teknik pengumpulan data yang terkait penelitian ini dilakukan dengan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik wawancara yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur dengan karyawan dan pemilik Atun Seafood. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling dengan tipe purposing sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 91 konsumen. Sampel yang diamati dan diteliti adalah para konsumen yang membeli di Atun Seafood selama bulan Agsutus 2020 sampai dengan bulan Juli 2021. Teknik analisis data menggunakan analisa regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan strategi pemasaran berpengaruh secara positif dan signifikan dalam upaya meningkatkan minat beli konsumen di Atun Seafood Cirebon.
Keywords: strategi pemasaran, minat beli
Downloads
References
Barrett, H, & Weinstein, A. (2015). Corporate entrepreneurship, the marketing mix, and business performance. Proceedings of the 1997 Academy of Marketing Science (AMS) Annual Conference
Hidayati Umi. (2021). Penerapan strategi marketing mix terhadap minat beli konsumen pada produk usaha mahasiswa di prodi Pendidian Ekonomi STKIP PGRI Nganjuk. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial. ISSN 2528-6293 (Print); ISSN 2528-6871 (Online) Vol. 6, No. 2, 88-98
Mandasari, Y. (2017). Peranan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen untuk Menginap di Hotel Santika di Pontianak. BIS-MA (Bisnis Manajemen), 1(8).
Morgan, NA. Whitler, KA. Feng, Hua. Chari Simos. Research in marketing strategy. Journal of the Academy of Marketing Science, 47 (1). 4-29. ISSN 0092-0703
Mulyandi M. R. dan Sani. Estika P. (2020). Pengaruh e Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada e Commerce di Indonesia). Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 3 No 1
Nainggolan, N. P., & Heryenzus, H. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Rumah Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 19(1), 41-54.
Nugroho. (2013). Perilaku Konsumen Edisi Revisi Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.
Pane, D. N. (2018). Analisis pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan pembelian teh botol sosro (studi kasus konsumen alfamart cabang ayahanda). Jumant, 9(1), 13-25.
Sari, M. (2013). Pengaruh Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana XL (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Reguler Mandiri Universitas Andalas). Manajemen S-1, 1(1).
Satria, A. A. (2017). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 45–53.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sundalangi, M. Mandey, S. L. & Jorie, R. J. (2014). Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1).
Wibowo, D. H., & Arifin, Z. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1). 59-66.