Pengaruh Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pada Tasya Production Bandung)

  • Prima Vandayani Politeknik LP3I
  • Anisa Yulistia Politeknik LP3I
Keywords: penjualan perseorangan, kepuasan, pelanggan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan personal selling dan kepuasan pelanggan di Tasya Production Bandung serta menguji pengaruh personal selling terhadap kepuasan pelanggan di Tasya Production Bandung. Metode penilitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif dan kausal komperatif dengan pendekapan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Ukuran sampel sebesar 30 responden dengan teknik sensus. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif dan regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi Microsoft excel. Hasil penelitian menunjukan personal selling di Tasya Production Bandung terlaksana cukup baik dan pelanggan pada Tasya Production Bandung merasa puas. Disamping itu terdapat pengaruh positif personal selling sebesar 0,77 secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Tasya Production Bandung, dimana personal selling berkontribusi 59,7% dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan sedangkan sisanya yaitu 40,3% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alisan dan Sari, W. 2018. Pengaruh Personal Selling Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Fitting Pipa (Elbow) Pada PT. Sekawan Abadi Teknik Medan. Jurnal Manajemen dan Keuangan 7(2):128-138.
Bhaskara, S.U.P., Mandey, S.L., dan Nelwan, O. 2014. Customer Relationship Management (Crm) Dan Personal Selling Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Virgo Ekspres Tours & Travel Manado. Jurnal EMBA 2(1):99-110.
Haryanto, R.A. 2013. Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mc-Donald’s Manado. Jurnal EMBA 1(4):1465-1473.
Kotler, P., and Keller, K.L. 2016. Marketing Management 15 Global Edition. England. Person Education Limited.
Nugroho, N.T. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survey pada Pelanggan Speedy Telkom di Kota Surakarta)”. Jurnal Paradigma 12(02):114-122.
Sugiono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. CV Alfabeta
Tanjaya, V dan Wijaya, W. 2019. Pengaruh Saluran Distribusi Dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Bilah Baja Makmur Abadi. Jurnal Manajemen 5(2):145-152.
Tjiptono, P., dan Diana, A. 2019. Kepuasan Pelanggan. Yogyakarta. CV Andi Offset
Tumbelaka, M dan Loindong, S. Servicescape Dan Personal Selling Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Britama Bank BRI Cabang Manado. Jurnal EMBA 2(2):1239-1250.
Willy, F., Goh, T.S., dan Juliatawaty, W. 2020. Pengaruh Personal Selling Dan Promosi Penjualan Terhadap Efektifitas Penjualan Ban Sepeda Motor PT. Mega Anugrah Mandiri. Jurnal Bisnis Kolega 6(1):43-56.
Yudiartika, D., dan Haryanto, J.O. 2012. Pengaruh Personal Selling, Display, Promosi Penjualan Terhadap Kesadaran Merek Dan Intensi Membeli Pada Produk Kecantikan Pond’s. Buletin Studi Ekonomi 17(2):142-156.
Published
2021-12-30
How to Cite
Prima Vandayani, & Anisa Yulistia. (2021). Pengaruh Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pada Tasya Production Bandung). ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(2), 194-203. https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i2.744