Analisa Dampak Strategi Bisnis dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha

  • Aisyah Solehati Politeknik LP3I
Keywords: Strategi Bisnis, Orientasi Kewirausahaan, Kinerja Usaha

Abstract

Perkembangan usaha yang cukup pesat menuntut para pelaku usaha untuk memiliki strategi bisnis dan orientasi kewirausahaan yang memumpuni. Kurangnya keberanian pelaku usaha dalam mengambil resiko membuat perkembangan usaha itu sendiri menjadi terhambat. Analisa ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi bisnis dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha. Metode dalam penelitian ini adalah dengan pengambilan sample secara acak menggunakan rumus slovin sebanyak 90 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif yang mana terdiri atas uji asumsi klasik anaIisis regresi berganda. Hasil penelitian berdasarkan analisa deskirptif menyatakan bahwa tanggapan responden cukup baik terhadap strategi bisnis dan orientasi kewirausahaan yang mana menujukan tanggapan baik responden terhadap kinerja usaha mereka dan dari analisa verifikatif menunjukan bahwa strategi bisnis secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha dan orientasi keworausahaan serta secara simultan berpengaruh terhadap kinerja usaha, dan untuk orientasi kewirausahaan secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja usaha. Saran penulis kepada para pelaku usaha bidang industri fashion untuk lebih mempertimbangkan dalam pencarian peluang dan tantangan baru dengan membuat resiko menjadi tantangan dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Imma dan Ratna. 2014. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Kecil
Joewono. 2012. Pengertian perencanaan edisi 12 halaman 3.
Mahmud, Ariati Anomasari, 2011, JurnaI AnaIisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis Dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan. JurnaI Ekonomi, ISBN 979-26-0255-0
Musran Munizu, 2010. Pengaruh Faktor-Faktor dan InternaI Terhadap Kinerja Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Sulawesi Selatan. JurnaI Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 12, No.1, Maret 2010:33-41.
Rizki ZuIfikar dan Lastri Novianti, JurnaI KapabiIlitas Jejaring Usaha dan Media SosiaI terhadap Kinerja Usaha. VoIume VIII, Nomor 2, 2018.
Suci, Rahayu Puji, 2009, Peningkatan Kinerja Melalui Onientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis, JurnaI Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 11 No. 1 pp. 46-58.
Sugiyono. 2013. MetodeIogi PeneIitian Kuantitatif, KuaIitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Veithzal Rivai, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek, Rajagrafindo persada, Bandung.
_______Data Jumlah Distro di Plaza Parahyangan Bandung. (internet)diakses pada 20 April 2019. https://www.plazaparahyangan.com/page/profile
Published
2021-12-30
How to Cite
Aisyah Solehati. (2021). Analisa Dampak Strategi Bisnis dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(2), 140-146. Retrieved from https://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/720