Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Politeknik LP3I Kampus Utama Bandung (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Mata Kuliah Archive Management)
Abstract
Pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi di Indonesia telah merubah tatanan hidup masyarakat termasuk pada bidang pendidikan. Pemerintah terus menerus berupaya memutus rantai pandemi Covid-19 dengan berbagai kebijakan salah satunya yaitu social distancing, layanan perkantoran dan aktifitas pendidikan dilakukan dari rumah dengan pemberlakuan work from home (WFH). Oleh karena itu aktifitas pembelajaran dilaksanakan melalui pola daring atau online dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan berbagai macam aplikasi yang disediakan dalam jaringan internet, pembelajaran melalui pola daring ini juga dapat meningkatkan peran mahasiswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran daring (dalam jaringan) atau online merupakan penerapan dari pendidikan jarak jauh. Pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan akses bagi peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang lebih baik. Sebab, dengan pembelajaran secara daring memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengikuti suatu mata kuliah tertentu. Dimana pada masa pendemi yang melanda pada saat ini, dunia pendidikan menuntut para pendidik dan peserta didik untuk mampu dengan cepat beradaptasi dengan perubahan yang ada, dengan sistem pembelajaran yang dahulunya berbasis pada tatap muka secara langsung di kelas harus digantikan dengan sistem pembelajaran secara daring atau online melalui jaringan internet.
Downloads
References
Astika. (2017). Pemanfaatan WhatsApp sebagai Forum Diskusi dan Penyebaran Materi Pembelajaran pada Mahasiswa. Diakses tanggal 22 Februari 2019, dari https://offeringkaduapsip.wordpress.com/2 017/10/27/pemanfaatan-whatsappsebagai-forum-diskusi-dan-penyebaranmateri-pembelajaran-pada-mahasiswa/
Dara Sawitri . “Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)”. Jurnal Prioritas : Jurnal Pengabdian Masyarakat.2020.Vol. 02 No.01.hlm.14
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Panduan Pengembangan dan Penyelenggaraan KDITT, Jakarta: Kemendikbud, 2014.
Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19 . Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 7(1), 38-50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
Latjuba Sofyana, “Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatshap pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika universitas PGRI Madiun”, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Volume 08 Nomor 1 Maret, (Madiun : Teknik informatiak Universitas PGRI 2019), hal. 82
Mustaji, Karwanto, Dewi, U., & Khotimah, N. (2014). Pemberdayaan Mahasiswa Untuk Berpikir Kritis, Kreatif, Dan Kolaboratif Melalui Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kolaborasi. Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Surabaya .
Munir (2010). Penggunaan Learning Management System (Lms) Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Universitas Pendidikan Indonesia. Cakrawala Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.
Munirah, Haris. Melor Md. Yunus, Jamaludin Hj. Badusah. 2017. The Effectivieness of Using Padlet in ESL Classroom. International Journal of Advanced Research (IJAR) Volume 5 Nomor 2, Halaman 783 - 788.
Nugroho. (2012). Profesionalisme Guru SD Negeri Se-Kecamatan Warungasem KAbupaten Batang. Suatu tinjauan aspek persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru. Varidika , 135-146.
Putri, N. I., Herdiana, Y., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2021). Teknologi Pendidikan dan Transformasi Digital di Masa. Jurnal ICT: Information Communication & Technology, 20(7), 53-57.
Ririn Puspita Tutiasri et al. Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19 Jurnal Komunikasi, Masyarakat dan Keamanan (Komaskam). Vol. 2 No. 2 Oktober 2020.
Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102– 109. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637
Saifuddin, M. F. (2016). E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa. Universitas Ahmad Dahlan , 102-110
Shield, J. 2014.Virtual Toolkit. Screen Education 75:92-93.
Stannard, R. 2015. Webwatcher. English Teaching Professional 97:67
Winarso, B. (2015). Apa Itu WhatsApp, Sejarah dan Fitur-fitur Unggulannya? Diakses tanggal 20 Februari 2019, dari https://dailysocial.id/post/apa-itu-whatsapp
Zimmerman, B. (2000). Attaining selfregulation: A social cognitive perspective. In M. Boekarts, P. R. Pintrich, & M. Zeidner (Eds.), Handbook of selfregulation (pp. 13- 39). San Diego, CA: Academic Press.
Zimmerman, B., & Martinez-Pons, M. (1988). Construct validation of a strategy model of student selfregulated learning. Journal of Educational Psychology , Vol. 80, 284- 290.