Analisi Strategi Negosiasi Pada Platform Shopee

  • Haerunnisa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI Bandung
  • Dwi Khaira Ramdhanni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI Bandung
  • Ricky Firmansyah University Ars
Keywords: E- Commerce, Komunikasi, Negosiasi, Shopee, Teknologi

Abstract

Dengan kemajuan teknologi pada masa kini, maka kita di mudahkan untuk mengakses seluruh aktivitas termasuk berbelanja online untuk kebutuhan sehari hari. Dengan banyak nya platform e-commerce yang sedang menjamur, salah satu yang paling popular adalah platform e-commerce shopee, Aplikasi shopee merupakan platform belanja online dengan menggunakan konsep sosial. Salah satunya bisa bernegosiasi untuk pembelian produk pada aplikasi tersebut.Upaya penelitian yang kami buat dengan menggunakan kuisioner dengan target para seller shopee. Metode yang digunakan pada penelitian jurnal ini bersifat kuantitatif dan akumulatif, ada sebanyak 35 tanggapan seller. Aplikasi shopee sebagai bisnis adalah sebanyak 85,7%. Jenis produk yang dijual paling banyak pada Fashion 36,4% dan perawatan atau kecantikan 27,3%. keuntungan berjualan di Shopee  sebanding dengan profit yang didapat dengan E- commerce lain. Adapun produk jual yang dapat ditawar adalah sebanyak 65,6%. Strategi pemberian ulasan pada produk original 54,5%, harga terjangkau 60,6%, kualitas terbaik 57,6%, pemberian diskon 42%, layanan COD 33,3%, dan respon cepat terhadap pelanggan 39,4%. Pengaruh ulasan pelanggan pada toko seller sebanyak  81,8%. Dapat disimpulkan bahwa dalam berbisnis pada aplikasi shopee atau E- comerce lain untuk meningkat dalam penjualan maka harus memberikan pelayanan komunikasi dan negosiasi yang baik, sehingga pelanggan merasa dilayani dengan baik dan merasa puas berbelanja online

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. 6. doi:https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512
Ati, A. P. (2015). KETERAMPILAN BERBICARA DALAM NEGOSIASI. 212.
Elisa, D. D. (2019). PENGARUH LAYANAN FREE ONGKIR DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA C2C (SELLER) SHOPEE DI JOMBANG.
Gat. (2018, maret). Adopsi Model Business to Consumer (B2C) Dalam.
Hasibuan, A., Jamaludin, Yuliana, Y., Sudirman, A., Wirapraja, A., Perdana Kusuma, A. H., . . . Simarmata, J. (2020). E-Business: Implementasi, Strategi dan Inovasinya (Vol. 1). (T. Limbong, Ed.) Penerbit Yayasan Kita Menulis.
Marhamah, Hidayatuloh, S., & Irawan, A. (2016). SISTEM E-COMMERCE B2C PADA. 9.
Nursolihah , M., & Widianti , M. (2020). Analisis karakteristik khusus teks negosiasi. Jurnal Ilmuah Pend. Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 25.
Sumirat, L. P. (2016). SISTEM NEGOSIASI UNTUK CUSTOMER TO CUSTOMER E-COMMERCE MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY.
Published
2021-06-30
How to Cite
Haerunnisa, Dwi Khaira Ramdhanni, & Ricky Firmansyah. (2021). Analisi Strategi Negosiasi Pada Platform Shopee. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(1), 29-38. Retrieved from https://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/602