Strategi Marketing Menggunakan Instagram

Studi kasus: akun Sapinesia

  • Asye Rachmawaty Politeknik LP3I
Keywords: Media Sosial, Instagram, Strategi Marketing

Abstract

Tingginya pengguna media sosial di Indonesia, membuat para pelaku bisnis/UMKM mengembangkan strategi marketingnya dengan cara memanfaatan media sosial sebagai salah satu media promosi. Sudah banyak diantara pelaku bisnis memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan bisnis dan produk-produk yang dipasarkannya. Namun bagaimana memaksimalkan fitur-fitur dari media sosial yang digunakan, ternyata masih banyak pelaku bisnis yang kurang memahami sehingga strategi marketing dengan sosial medianya kurang memberikan keuntungan. Penulis, melalui penelitian ini ingin mengetahui bagaimana perkembangan sebuah bisnis/UMKM yang menggunakan sosial media dalam menjalankan strategi marketingnya, yaitu memperkenalkan produknya dengan memanfaatkan iklan berbayar pada salah satu media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dimana peneliti melakukan pengumpulan data dengan observasi partisipan. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini, bahwa dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada sebuah media sosial, membuat konten-konten yang menarik secara berkelanjutan, memaksimalkan akses link yang pada berbagai akun, dan memiliki teknik closing yang baik, dapat menjadi salah satu strategi marketing yang sangat mutakhir di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Albi Anggito, Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=59V8DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=penelitian+deskriptif+kualitatif+menurut+para+ahli&ots=5HaxsDhrEq&sig=-IyZobJmjXJczoqwevitBzE0n1M&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian%20deskriptif%20kualitatif%20menurut%20para%20ahli&f=false
[2] Anugerah, A. (2019). Instagram Adalah Platform Berbagi Foto Dan Video, Ini Deretan Fitur Canggihnya. Diakses 29 Mei 2021.
https://www.liputan6.com/tekno/read/3906736/instagram-adalah-platform-berbagi-foto-dan-video-ini-deretan-fitur-canggihnya
[3] Arif, M. (2016). Media Massa Semakin Tergerus Perkembangan Teknologi Informasi. Diakses 31 Mei 2021.
https://www.unpad.ac.id/2016/12/media-massa-semakin-tergerus-perkembangan-teknologi-informasi/
[4] Assauri, S. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
[5] Carr, Caleb T. and Hayes, Rebecca A. (2015). Sosial Media: Defining, Developing, and Divining, Atlantic Journal of Communication.
[6] Dewi, U., Dewi, E F. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Widya Cipta, Vol 2, No 2. 271-278.
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta
[7] Feibe, K. dkk. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menigkatkan Penjualan Motor Yamaha Mio Pada PT. Hasjrat Abadi Outlet Yamaha Sam Ratulangi. Jurnal EMBA, Vol. 6, No. 2, 968-977.
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/20024/20294
[8] Kotler, Philip dan Gary Asmtrong. (2001). PrinsipPrinsip Pemasaran. (Terj) Damos Shihombing. Jakarta: Erlangga
[9] Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
[10] Moh Rusdi. (2019). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Genting Ud. Berkah Jaya. Jurnal Trunojoyo, Vol. 6 (2), 49-54.
[11] Permatasari, G. (2016). Efektivitas Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Produk Olahan Pertanian Yogurt Cimory. Institut Pertanian Bogor.
[12] Rakha F. (2020). 10 Macam Media Sosial yang Paling Sering Digunakan Oleh Orang Indonesia.
https://www.merdeka.com/jatim/10-macam-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-oleh-orang-indonesia-kln.html?page=1
[13] Rafki, F. (2020). Tips Bagi Perusahaan Agar Terhindar dari Insiden Kebocoran Data. Diakses 31 Mei 2021.
https://infokomputer.grid.id/read/122411078/tips-bagi-perusahaan-agar-terhindar-dari-insiden-kebocoran-data
[14] Syifa, N K. (2020). Apa Itu Sei Sapi? Daging Asap Khas NTT Yang Sedang Naik Daun. Diterbitkan 24 Juli 2020.
https://www.kompas.com/food/read/2020/07/24/080800275/apa-itu-sei-daging-asap-khas-ntt-yang-sedang-naik-daun?page=all
[15] Zahrah, L., Djuara, P. (2018). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Perkembangan Usaha Kecil Dan Menengah Kuliner Wilayah Solo Raya. Jurnal IPB, Vol. 16 No. 1, 75-88.
https://Instagram.com/sapinesia
https://Instagram.com/sapinesiaku
https://Instagram.com/sapinesia.id
https://Instagram.com/frozenseisapinesia
https://Instagram.com/seisapinesiafrozen
https://Instagram.com/seisapinesiafrozenku
Published
2021-06-30
How to Cite
Rachmawaty, A. (2021). Strategi Marketing Menggunakan Instagram. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(1), 39-51. https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i1.565