Evaluasi Pemenuhan Keseimbangan Hak Dan Kewajiban Antara Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi Propinsi Jawa Barat Dengan Pelanggan

  • Santy Sriharyati Politeknik LP3I
  • Andry Nurmansyah Politeknik LP3I
Keywords: Evaluasi, PDAM, Pelanggan

Abstract

Tulisan ini merupakan kegiatan evaluasi pemenuhan keseimbangan hak dan kewajiban antara PDAM Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi dengan pelanggan.  Metode yang digunakan adalah melakukan Kombinasi Evaluasi dan Fasilitasi, Participatory Approach dan Horizontal Learning serta Penilaian Keseimbangan Hak dan Kewajiban melalui Kuesioner yang berisi bobot, standar dan nilai standar indikator keseimbangan PDAM. Analis data yang digunakan yaitu metode perhitungan nilai keseimbangan. Berdasarkan hasil penilaian evaluasi pemenuhan keseimbangan hak dan kewajiban PDAM Kota Sukabumi sudah masuk dalam kategori seimbang, tetapi masih terdapat beberapa indikator yang masih perlu diperbaiki untuk meningkatkan nilai keseimbangan, antara lain  menyusun Standar Pelayanan sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM), menyesuaikan Maklumat yang sudah ada dengan format  sesuai Permenpan RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan, menyusun dan meresmikan penggunaan Perjanjian / Kontrak Berlangganan, serta meningkatkan komponen penting lainnya yang dituangkan dalam aturan yang telah ditetapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku Kinerja PDAM Berdasarkan BPPSPAM Tahun 2018.
BPPSPAM, 2018. Panduan Evaluasi Pemenuhan Keseimbangan Hak Dan Kewajiban. Jakarta : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan;
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 27/PRT/M/2016 tentang Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum;
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 36/PRT/M/2016 tentang Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tata kerja Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem penyediaan Air Minum dan Sekretariat Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum;
Meithiana, Indrasari, 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo Press
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Evaluasi (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi). Bandung : Alfabeta
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Manajemen (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Penelitian Tindakan, Penelitian Evaluasi). Bandung : Alfabeta
Zarrin Hubaisy et al., 2013. Evaluasi Kinerja PDAM Kota Probolinggo dalam Perspektif Balanced Scorecard. Jember : Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember (UNEJ)
Published
2020-12-29
How to Cite
Santy Sriharyati, & Andry Nurmansyah. (2020). Evaluasi Pemenuhan Keseimbangan Hak Dan Kewajiban Antara Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi Propinsi Jawa Barat Dengan Pelanggan. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 248-270. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.561