Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : UMKM Warung Salapan)
Abstract
Dalam situasi pandemi Covid-19, kelompok usaha kecil, mikro, dan ultramikro paling rentan terdampak. Usaha makanan yang menanggung dampak terberat karena pandemi terutama disebabkan karena tidak semua pemilik usaha mengenal pemasaran menggunakan platform online. Pandemi ini memaksa pemilik usaha untuk beralih strategi pemasaran, promosi dan transaksi dari konvensional menjadi digital. Penelitian ini bertujuan untuk membantu usaha kecil, khususnya UMKM Warung Salapan untuk dapat menjawab tantangan pemasaran selama masa Pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan observasi partisipatif. Hasil dari penelitian adalah pembuatan logo, stiker, akun google, akun WhatsApp Business, Instagram dan Akun Gofood. Harapannya adalah pemilik usaha Warung Salapan dapat meningkatkan penjualannya pada saat pandemi Covid-19.
Downloads
References
Bartik, A. W., Bertrand, M., Cullen, Z., Glaeser, E., Luca, M., & Stanton, C. (2020). The impact of COVID-19 on small business outcomes and expectations. Proceedings of the National Academy of Sciences, 117(30), 17656-17666. doi:DOI: 10.1073/pnas.2006991117
Chaffey, D. (2002). Digital Business And E-Commerce Management Strategy, Implementation And Practice Strategy, Implementation And Practice . Harlow: Pearson.
Danim, S. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Forbes. (2020, July 2). Retrieved 1 3, 2021, from Forbes.com.
Harto, B., & Komalasari, R. (2019). Optimalisasi Platform Online Internet Marketing Untuk Sme Little Rose Bandung. Empowerment in the Community, 1(1), 1-6. doi:http://dx.doi.org/10.31543/ecj.v1i1.357.g38
Kalakota, R., & Whinston, A. (1997). Electronic commerce : a manager’s. Harlow: Addison-Wesley .
Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2020). Cooperative (April ed.). Jakarta: KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM REPUBLIK INDONESIA. Retrieved 1 3, 2021, from http://www.depkop.go.id/uploads/laporan/1592638534_Cooperative%20April%202020%20v2.pdf
Kennedy, C. (2017). Social Media - The Art of Marketing on YouTube, Facebook, Twitter, and Instagram. WE CANT BE BEAT LLC.
Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 38-50. doi:https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.
Park, C. W., Eisingerich, A., & Pol, G. (2013, 10 22). MIT Sloan Management Review. Retrieved from https://sloanreview.mit.edu/article/the-power-of-a-good-logo/
Saravanakumar, M., & Lakshmi, T. (2012). Social media marketing. Life science journal, 9(4), 1-7.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
World Health Organization. (2020). Infection prevention and control during health care when COVID-19 is suspected. Geneva: World Health Organization. Retrieved 1 3, 2021, from https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200423-sitrep-94-covid-19.pdf