Pengaruh Tayangan Iklan TV dan Respon Call Center Terhadap Penjualan di PT. Lejel Home Shopping Tasikmalaya

  • Cahyadi Supyansuri
Keywords: Tayangan Iklan, Respon Call Center, Penjualan

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh tayangan iklan tv dan respon call center terhadap penjualan di PT. Lejel home shopping Tasikmalaya pada tahun 2018 secara parsial dan simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengaruh tayangan iklan tv dan respon call center terhadap penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan observasi ke PT. Lejel home shopping Tasikmalaya dan pengumpulan data di peroleh dari sistem aplikasi yang di miliki PT. Lejel home shopping Tasikmalaya. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS.versi 16 dapat diketahui bahwa hasil uji t untuk variabel tayang iklan diperoleh hasil t_hitung sebesar 2,717 dengan nilai Sig hitung sebesar 0,024. Nilai Sig hitung kurang dari 0,5 maka Ho ditolak (Ha diterima). Jadi, dapat dikatakan bahwa ada pengaruh tayang iklan terhadap penjualan di P.Lejel Home Shopping. Sedangkan untuk variabel respon call center diperoleh hasil t_hitung sebesar 5,861 dengan nilai Sig hitung sebesar 0,00. Nilai Sig hitung kurang dari 0,05 maka Ho ditolak (Ha diterima). Jadi, dapat pula dikatakan bahwa ada pengaruh respon call center terhadap penjualan di P.Lejel Home Shopping. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tayang iklan dan respon call center keduanya merupakan faktor internal yang mempengaruhi penjualan di PT. Lejel Home Shopping Tasikmalaya Tahun 2018.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aiwan, T. Y. (2013). Efektivitas Pesan Iklan Televisi Tresemme Menggunakan Customer Response Index (CRI) pada Perempuan di Surabaya. Jurnal eKomunikasi, Vol.1 No .2

Andromedha, N. W. (2013). Analisis Pengaruh Efektivitas Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matik Yamaha Di Semarang. Skripsi, Fakultas Ekonomi & Bisnis Arfianto,

Bram, Y. F. (2005). Analisis efektivitas iklan sebagai salah satu strategi pemasaran perusahaan percetakan dan penerbitan PT. Rambang dengan menggunakan metode EPIC model. Jurnal manajemen & bisnis sriwijaya, Vol. 3 No.6, Hal 1-23.

Darusman, I., 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Apotek Dinda Farma Di Klaten (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Gary, 1998. Dasar-dasar 2 penerjemah Alesander Sindoero ed.72. Jakarta: Prehallindo Kotler,

Jefkins, Frank , 2006. Periklanan penerjemeh Haris Munandar ed 3 . Jakarta : Erlangga.

Kartajaya,Herwan, 1998. Siasat Memenagkan Persaingan Gloal : Marketing Plus 2000. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kertamukti, Rama, 2015. Strategi kretif dalam periklanan : Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Jakarta: Rajawali Press.

Kotler, Philip, 2005. Manajemen Pemasaran jilid 1 penerjemah Benyamin Molan ed 11. Jakarta: Indeks

Olney, T. J., Holbrook, M. B., & Batra, R. (1991). Consumer responses to advertising: The effects of ad content, emotions, and attitude toward the ad on viewing time. Journal of consumer research, Vol. 17 No. 4, Hal 440- 453

Prakoso, D.D. dan Rofiq, A., 2016. Analisis Efektivitas IKLAN PT. TRAVELOKA INDONESIA Di Televisi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya 1 Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Vol. 3 Hal. 2.

Setyawan, A., 2014. Analisis Waktu Penayangan, Pesan Iklan Dan Iklan Telivisi Terhadap Minat Beli Konsumen (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Shimp, Terence , 2014. Komukasi Pemasran Terpada Dalam Periklanan Dan Promosi Ed 8 . Jakarta : Selemba Empat .

Sulistiono, A., 2012. Analisis Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Jupiter MX. Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK), Vol. 14 Hal. 1.

Widarjono, A. (2009). Ekonometrika pengantar dan aplikasinya. Yogyakarta: Ekonisia

Published
2018-12-28
How to Cite
Cahyadi Supyansuri. (2018). Pengaruh Tayangan Iklan TV dan Respon Call Center Terhadap Penjualan di PT. Lejel Home Shopping Tasikmalaya. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 4(2), 98-107. https://doi.org/10.38204/atrabis.v4i2.455