Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMK Putera Pangandaran
Abstract
Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel yaitu variabel X (Supervisi Kepala Sekolah) dan Variabel Y (Kinerja Guru). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Supervisi Kepala Sekolah SMK PUTERA Pangandaran, Kinerja Guru SMK PUTERA Pangandaran, dan pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru pada SMK PUTERA Pangandaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif analis untuk membahas identifikasi masalah bagaimana supervisi kepala sekolah SMK PUTERA Pangandaran dan bagaimana kinerja guru SMK PUTERA Pangandaran dan verifikatif analis untuk membahas identifikasi masalah seberapa besar pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK PUTERA Pangandaran. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, angket (kuesioner), wawancara dan kepustakaan. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru pada SMK PUTERA Pangandaran. Untuk mengukur besarnya pengaruh variabel tersebut digunakan regresi linier sederhana dan koefisien determinasi dengan bantuan program IBMÂ SPSS Statistics 25. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan metode statistik yaitu regresi linier sederhana, diperoleh nilai koefisien determinasi (KD) sebesar 51.12% dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.715. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa supervisi kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru SMK PUTERA Pangandaran.
Downloads
References
Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung. Erlangga.
Fachrudin. 2012. Supervisi Pendidikan. Medan: IAIN Press.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Badan. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hasibuan, Malayu S.P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Herabudin.2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PustakaSetia.
Makawimbang, Jerry H. 2011. Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nawawi, Hadari. 2006. Evaluasi dan Manajemen Kinerja Di Lingkungan Perusahaan dan Indiustri. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Pransia, DonniJuni. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: CV. Alfabeta.
Prasojo, Lantip Diat & Sudiyono. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Sahertian, Piet A. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Saondi, Ondi dan Aris Suherman. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT Refika Aditama.
Shulhan, Muwahid. 2012. Supervisi Pendidikan: Teori dan Terapan Dalam Mengembangkan Sumber Daya Guru. Surabaya: Acima Publishing.
Silalahi, Ulber. 2018. Metodologi Analisis Data dan Interprestasi Hasil untuk Penelitian Kuantitatif. Bandung: ReflikaAditama
Siswandi. 2011. Aplikasi Manajemen Perusahaan: Analisis Kasusdan Pemecahannya, Edisi Ketiga. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusias. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Usman, Moh. Uzer.2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yamin, Martinis &Maisah.(2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada.