Pemanfaatan Digital Marketing Pada UMKM Sukapura Dayeuhkolot Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i1.406Keywords:
Digital Marketing, UMKMAbstract
Dalam beberapa tahun belakangan ini perkembangan teknologi digital di dunia marketing semakin pesat mulai dari cara-cara transaksi konvensional menjadi cara digital. Untuk itu para pelaku usaha khususnya UMKM khususnya di Sukapura Kecamatan Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung Jawa Barat dituntut harus bisa cepat berdaptasi dengan perkembangan teknologi yaitu dengan cara memanfaatkan teknologi digital marketing dalam menjalankan bisnisnya kususnya saat memasarkan produknya. Para pelaku UMKM diharuskan memiliki kemampuan memanfaatkan digital marketing supaya para pelaku usaha akan dapat tetap bersaing dan terus mengembangkan usahanya di dalam dan luar negeri.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah para UMKM di Sukapura Kecamatan Dayeuh Kolot dan apakah sudah dapat memanfaatkan teknologi digital marketing dalam memasarkan produknya dan dampaknya terhadap penjualannya.Dengan adanya Penelitian Dosen Pemula ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada UMKM Sukapura Kecamatan Dayeuh Kolot untuk lebih memahai pemanfaatan teknologi digital marketing dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya.
Downloads
References
Basu S. Hani H. Analisa prilaku Konsumen, Liberty, Yogyakarta 2007.
Cravens, D.W. and Piercy, N.F.(2006). Strategic Marketing, (8th ed.). NY: McGraw Hill Kuncoro, M. (2009), Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Edisi 3. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016). Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing . Kemp, S. (2017, February 16). Retrieved February 18, 2017, from http://wearesocial.com/: http://wearesocial.com/blog/2017/0 2/digital-southeast- asia-2017
Khan, F., & Siddiqui, K. (2013). The Importance of Digital Marketing: An Exploratory Study to Find The Perception and Effectiveness of Digital Marketing amongst The Marketing Proffesionals in Pakistan. Journal of Information Sytems and Operations Management, 1-8.
Kotler, Philip, 2009, Manajemen Pemasaran, edisi 13 jilid II, Erlangga, Jakarta Maulana, Y. (2017, 2 6). http://swa.co.id/swa/csr-corner/. Retrieved 2 17, 2017, from http://swa.co.id/: http://swa.co.id/swa/csrcorner/yuswohady-ukm-harusmanfaatkan- perkembangan-digital
Rahayu, E. M. (2012, March 19). http://swa.co.id/swa/trends/marketing/. Retrieved February 17, 2017, from http://swa.co.id/:http://swa.co.id/swa/trends/marketing/digital-marketing carakomunikasi-dua-arah-acer
Stelzner, M. (2012, April). How Marketers are Using Social Media to Grow Their Business.
Stockdale, R., Ahmed, A., & Scheepers, H. (2012). Identifying Business Value from The Use of Social Media: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems. Association for Inforamtion System Electronic Library.
Supriadi, C. (2016, November 16). Retrieved February 18, 2017, from http://www.marketing.co.id: http://www.marketing.co.id/dukung -wirausaha-wanita- lewat-aplikasi-dbsbusinessclass/ Supriadi, C. (2016, October 21). Retrieved February 18, 2017, from http://www.marketing.co.id/: http://www.marketing.co.id/menkop - puspayoga-ukm-harus-manfaatkaninternet/
Utomo, R.M.(2016, October 20). http://m.metrotvnews.com/teknologi/newsteknologi/ Retrieved February 17, 2017, from metrotvnews.com: http://m.metrotvnews.com/teknologi/newsteknologi/GNGyEMrkpemanfaatan-digital-marketing-diindonesia-masihminim
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia.
