Pengaruh Promosi Jabatan dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pangegawai (Suatu Kasus Pada PT. Bank Mega Tbk Cab Bandung)

Authors

  • Lina Parlina, S.Pd., M.M

DOI:

https://doi.org/10.38204/atrabis.v4i1.297

Keywords:

promosi jabatan, kepuasan kerja, kinerja pegawai

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program promosi jabatan, kepuasan kerja dan kinerja pegawai serta pengaruh promosi jabatan dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai di PT. Bank Mega Tbk Cabang Bandung, baik secara simultan maupun parsial.

Sifat penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif,  serta metode penelitian yang digunakan  adalah metode descriptive survey sementara tipe investigasi dalam penelitian ini adalah causalitas. Unit analisis dalam penelitian ini adalah para pegawai PT. Bank Mega Tbk Cabang Bandung.  Teknik analisi data dalam penelitian ini, menggunakan analisis jalur (Path Analysis).

Kesimpulan penelitian ini menemukan bahwa promosi jabatan PT. Bank Mega Tbk Cabang Bandung telah sesuai dengan bidang dan keahliannya.Kepuasan kerja pegawai PT. Bank Mega Tbk Cabang Bandung saat ini dinilai cukup puas. Kinerja PT. Bank Mega Tbk Cabang Bandung berada pada tingkat yang cukup tinggi. Promosi jabatan dan kepuasan kerja, secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai PT. Bank Mega Tbk Cabang Bandung, sedangkan secara parsial, ternyata promosi jabatan lebih dominan dari pada kepuasan kerja dalam mempengaruhi kinerja pegawai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad S. Ruky. 2001, Sistem Manajemen Kinerja, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka utama._____________.2003, SDM Berkualitas Mengubah Visi menjadiRealitas, Pendekatan Mikro Praktis Untuk Memperoleh dan Mengembangkan Sumber Daya Manusia Berkualitas dalam Organisasi, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.Arikunto, Suharmini.2003, Manajemen Penelitian,Rineka Cipta, Jakarta..2006 , ProsedurPenelitian Suatu Pendekatan Praktek,Rineka Cipta, Jakarta.As’ad, Moh. 2001, Psikologi Industri,Liberty, Yogyakarta.Baron, Robert A, Jerald Greenberg.1990, Behaviour In Organizations: Understandingand Managing The Human Side Of Work,Third Edition, Allyn And Bacon. Bernardin, H. John And Russell, Joyce E. A.1993, Human Resource Management, Ney York : Mc Graw-Hill Inc.Bergenhenegouwen, G.J.1997, Competence Development-a Chalenge of Human Resources Professional: Core Competence of Organizations As Guidelines For The Development Of Employees. Industrial and Commercial Training, Vol. 29, No. 2.Boshoff, Christo.1995, European Journal of Marketing,Vol. 29. No. 2. Boyle, Brett A.1997, Journal of Business and industrial Marketing, Vol. 12, No. 6. Bambang Kusriyanto. 1993, Meningkatkan Produktivitas Karyawan,PT. Pustaka Presindo, Jakarta.Birdir, Edwin. 2000, Human Resources Planning,Mc. Graw Hill Book Company, New York.Caruana, Albert. 1998, International Journal Of Bank Marketing, Vol. 16, No. 3. Chow, Irene Hau-Siu. 1994, The International Journal of Career Management, Vol. 6, No.4.Denton, Robert. 1995, Organizational Planning,Mc. Graw Hill Book Company, New York.Dessler Gary. 2002, Human Resource Management, Eighth Edition, By Prentice Hall, Inc. Upper Saddle River, New Jersey. Flippo B. Edwin. 1996, Alih Bahasa Moh. Masud, Manajemen Personalia,Jakarta : Erlangga.Gilmore, Audrey, David Carson. 1996, The Journal of Service Marketing,Vol. 10, No. 3.

Gomes, Faustino Cardoso. 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : Andi Offset.Handoko Hani T. 2004, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.Hart, Cathy, dkk. 1999, Retailer and Student Perceptions of Competence Development, International Journal of Retail and Distribution Management, Vol. 27, No. 9, hal. 362-373. Houtzagers, Gijs. 1999, Participation and Empowerment: An International Journal, Vol. 13, No. 4. Hronec, Fred E. 1993, A Theory of LeadershipEffectiveness, Mc. Graw Hill Book Company, New York.Hezberg F. 1996, Work and The Nature of Man Cleveled, World Publishing.Johnston, James L, John M Ivancevich, James H Donnely Jr. 1995, Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses, Terjemahan Nunuk Adriani, Binarupa Aksara, Jakarta.Mangkunegara Anwar Prabu A. A. 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.Milkovich, G.J & Bourddreau, J.W. 2003 Human Resource Management.Eighth Edition,Richard D. Irwin, a Times Mirrom Higher Education Group. Inc, Company. Mitrani, A, Daziel, M. and Fitt, D. 1992, Competence Based Human Resources Management : Value-Driven Strategies For Recruitmen, Development and Reward.London : Kogan Page Limited.Mohammad Nazir, 1988, Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia.Mustafa Zainal Eq, 1990, Pengantar Statistik Terapan Untuk Ekonomi, BPFE-UII, Yogyakarta.Nawawi, Usman. 2000, Sumber Daya Manusia, Gunung Agung, Jakarta.New Strom, Jhon W, Davis Keith. 2002, Perilaku Dalam Organisasi,Jilid I, Erlangga, Jakarta.Nitisemito, Alex S. 1997, Manajemen Sumber Daya Manusia, Gunung Agung, Jakarta.Nijhof. 1998, Journal Of European Industrial Training, 22/6.Nirwana Sitepu, 1994, Analisis Jalur, Bandung : UPT Jurusan Statistik, FMIPA UNPAD.Noe, Raymond A, Holienbeck, John R, Gerhart, Barry, Wright, Patrick M, 2003, Human Resources Management : Gaining a Competitive Advantage,North Amarica : McGraw Hill.Robbins, S. 1996, Perilaku Organisasi, Alih Bahasa Pujaatmaka, Jakarta : Pren Halindo.______________. 1993, Organizational Behavior Concepts, Controversies and Applications,New Jersey : Prentice Hall International Editions.______________, 2003 Organizational Behavior, 9thEdition, Prentice Hall International, Inc, New JerseyRowe, Christopher. 1995, Clarifying The Use Of Competence And Competency Models In Recruitment, Assessment And Staff Developmen, Industrial And Commercial Training, Vol. 27, No. 11.

Sikula, Andrew E, 1981, Personnel Administration And Human Resources Management, Toronto: John Wiley & Sons, IncSiagian Sondang P. 2008, Pengembangan Sumber Daya Insani, Gunung Agung, Jakarta.Sekaran Uma. 2000, Research Methods For Business, Third Edition, John Wiley & Sons, Inc, New York.Sucherly. 2003, Keunggulan Bersaing bagi Organisasi Bisnis dan Non Bisnis,Orasi Pengukuhan Guru Besar, UNPAD, Bandung.Sugiyono, 2001, Metode Penelitian Administrasi, Bandung : AlfabetaSpencer,M.Lyle and Spencer,M.Signe. 1993.Competence at Work:Model for Superior.Su’ad, Husnan dan Heidjrachman, 1990, Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan, BPFE, Yogyakarta.Wahjusumidjo. 1994, Kepemimpinan dan Motivasi,Ghalia Indonesia, Jakarta.Wekley dan Yulk. 1992, Motivation and Productivity, Third Edition, John Wiley & Sons, Inc, New York.Wetzels. 1998, Journal of Business and Industrial Marketing,Vol. 13, No. 4. Winardi, J. 2002, Manajemen Konflik dan MSDM, Gramedia, Jakarta

Downloads

Published

2018-06-08

How to Cite

Lina Parlina, S.Pd., M.M. (2018). Pengaruh Promosi Jabatan dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pangegawai (Suatu Kasus Pada PT. Bank Mega Tbk Cab Bandung). ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 4(1), 24–51. https://doi.org/10.38204/atrabis.v4i1.297