Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Politeknik LP3I Bandung

  • Dhany Isnaeni D., S.E., M.M.
Keywords: pelayanan, pustakawan

Abstract

Pasal 4 UU No.43 tahun 2007 tentang Perpustakaan menyebutkan bahwa “Perpustakaan bertujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa”, sementara pasal 3 UU No.43 tahun 2007 menyebutkan bahwa Perpustakaan berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa.

Pelayanan perpustakaan seringkali menjadi sorotan, mahasiswa memerlukan pelayanan perpustakaan justru pada jam istirahat. Pemberlakuan sift kerja pustakawan sama dengan pemberlakuan sift kerja  para pekerja lain di PLB sedikit banyaknya telah menyulitkan mahasiswa yang sedang memerlukan pelayanan perpustakaan pada jam-jam tertentu. Jam istirahat kuliah merupakan waktu yang leluasa bagi mahasiswa untuk berkunjung ke perpustakaan, namun jam tersebut bertepatan dengan jadwal pustakawan untuk istirahat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui harapan mahasiswa terhadap pelayanan perpustakaan PLB, aktualisasi pelayaan perpustakaan PLB yang dirasakan oleh mahasiswa serta tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayaan perpustakaan PLB. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif, teknk sampling yang digunakan adalah proporsional cluster random sampling dan penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin.

Masih terdapat beberapa indikator yang masih kurang memuaskan, sehingga penulis merekomendasikan agar, PLB memberikan pelatihan dan pengembangan kompetensi pustakawan melalui kesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, selanjutnya menambah personil pustakawan agar dapat miningkatkan kecepatan dan ketepatan pelayanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, H. R. N. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Bengkel Ahass 0347 Batu).Jurnal Administrasi Bisnis,17(1).Agustina Putri. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Wilayah Kecamatan Sungai Pinang. eJournal Administrasi Negara, 3 (4) 2015: 1103-1114 ISSN 0000-0000, ejournal.an.fisip-unmul.ac.id © Copyright 2015Fajrina, K. N. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang Produk Jenis A (Jeruk Nipis Asli) CV. Anugrah Alam Lestari di Kabupaten Kuningan. (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).

Firma, A., & Rahmah, E. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pemustaka di Perpustakaan Kopertis Wilayah X.Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan,1(1), 110-115.Irawadi, W. The Effec Of Price, Trust and Service Quality On Customer Satisfaction Of Moerni Store In Pati.Jarwanto, J. (2011). Kepuasan Nasabah Ditinjau Dari Atribut Individual. (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).Suwandi, I. F. (2015). Pengaruh KualitasPelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Central Asia Kantor Cabang Pembantu Sumbersari Bandung. (Doctoral dissertation, Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama)

Published
2019-06-07
How to Cite
Dhany Isnaeni D., S.E., M.M. (2019). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Politeknik LP3I Bandung . ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 4(1), 10-23. https://doi.org/10.38204/atrabis.v4i1.292