Pengaruh Program Periklanan Terhadap Citra Politeknik LP3I Bandung (PLB)
Abstract
Aisyah Solehati, S.E., M.M., dosen Program studi Administrasi Bisnis Politeknik LP3I Bandung (PLB). Pengaruh Periklanan Terhadap Citra PLB. Dilandasi dengan fluktuatifnya jumlah penerimaan mahasiswa PLB dari tahun ke tahun, sehingga penulis merasa perlu melakukan penelitian mengenai salah satu faktor kajian yang dapat berpengaruh pembentukan citra PLB di masyarakat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui periklanan yang diprogramkan dan dilaksanakan oleh PLB, proses pemilihan PLB oleh calon mahasiswa serta pengaruh periklanan terhadap proses pemilihan PLB oleh calon mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif, teknik sampling yang digunakan adalah proporsional cluster random sampling dan penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin.
Hasil penelitian menunjukan nilai koefisien determinasi yang deperoleh dapat ditafsirkan bawa periklanan PLB memiliki kontribusi pengaruh terhadap pembentukan citra PLB dibenak respondensebesar 92,23%., nilai F hitung (1958.815) sedangkan F tabel (3,898), sehingga pesamaan regresi dari data penelitian ini adalah signifikan atau memenuhi kriteria linieritas. Hasil penelitian menunjukan model persamaan regresi, Y=0,7567 + 1,0249X.
Masih terdapat beberapa indikator dalam variabel penelitian yang masih kurang baik, sehingga penulis merekomendasikan agar PLB tidak hanya fokus pada pencitraan, namun lebih menekankan pada meyakinkan audience sasaran tentang keunggulan dan manfaat dari produk-produk layanan yang ditawarkan, menekankan adanya nilai tambah yang dapat diperoleh calon mahasisiwa jika memilih PLB, pembuktian janji promosi secara pasti kepada mahasiswa guna memicu keyakinan calon mahasiswa untuk memilih PLB.
Downloads
References
Alves, Helena. 2010. The Measurement of Perceived Value in Higher Education: a Unidimensional Approach. Universidade Da Beira Interior.Buchari Alma. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV. Alvabeta. Bandung.Kotler dan Amstrong. 2012.Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Erlangga. Jakarta
Kotler Philip, Keller Kevin Lane. 2012. Marketing Management ed.14. Prentice HallCollege of Languages, TaiwanLong-Yi Lin and Ching-Yuh Lu 2010.The influence of corporate image, relationship marketing, and trust on purchase intention: the moderating effects of word-of-mouth. TOURISM REVIEW VOL. 65 NO. 3. Emerald Group Publishing Limited. United State.Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Bisnis, ed Sembilan, Alfabeta, BandungYu-Te Tu et al. 2013. An Empirical Study of Corporate Brand Image, Customer Perceived Value and Satisfaction on Loyalty in Shoe Industry.Journalof Economics and Behavioral Studies.General Education Center, Wenzao Ursuline