Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Kepada Keputusan Mahasiswa Untuk Kuliah Di Politeknik LP3I Bandung)

  • Aisyah Solehati, S.E., M.M.
Keywords: Brand image dan keputusan mahasiswa

Abstract

Aisyah Solehati, S.E., M.M adalah dosen politeknik LP3I Bandung (PLB) dari program studi administrasi Bisnis. Penelitian dengan judul Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Kepada Keputusan Mahasiswa Untuk Kuliah Di Politeknik LP3I Bandung), dilandasi dengan fluktuatifnya jumlah penerimaan mahasiswa PLB dari tahun ke tahun, sehingga penulis merasa perlu melakukan penelitian mengenai salah satu faktor kajian yang dapat berpengaruh pada pengembilan keputusan calon mahasiswa untuk memilih PLB sebagi tempat melanjutkan pendidikannya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Brand image yang diterapkan oleh Politeknik LP3I Bandung, keputusan yang dilakukan calon mahasiswa untuk kuliah di PLB serta pengaruh brand image yang diterapkan oleh PLB terhadap keputusan calon mahasiswa untuk kuliah di PLB. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif, teknik sampling yang digunakan adalah Acidental sampling dan penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin.

Hasil penelitian menunjukan nilai KD yang deperoleh dapat ditafsirkan bawa brand image PLB memiliki kontribusi pengaruh terhadap proses keputusan pemilihan PLB  oleh calon mahasiswa sebesar 93,2%. nilai F hitung (1508.845) sedangkan F tabel (3,0773), sehingga pesamaan regresi dari data penelitian ini adalah signifikan atau memenuhi kriteria linieritas. Hasil penelitian menunjukan model persamaan regresi, Y=16,045+0,820X.

Masih terdapat beberapa indikator dalam variabel penelitian yang masih kurang baik, sehingga penulis merekomendasikan agar PLB melalukan pembenahan-pembenahan khususnya dalam sarana dan prasarana, pelayanan akademik, serta flesibilitas pembayaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dharmawan, D. I. (2018).Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kelompok Referensi terhadap Citra Institusi serta dampaknya pada Proses Pengambilan Keputusan Mendaftar Ke Perguruan Tinggi (Survei pada Mahasiswa Tingkat Pertama Politeknik Di Lingkungan Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten)(Doctoral dissertation,Unpas).Husein Umar, (2005). Riset Pemasaran dan Perilaku konsumen, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: ErlanggaKotler Philip, Keller Kevin Lane. 2012. Marketing Management ed.14. Prentice Hall

Ratih Hurriyati, (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Alfabeta, Bandung.Smadi, Ziad Moh’d Ali, Bahjat Eid Al-jawazneh. 2011. The Consumer Decision Making Styles of Mobile Phones among the UniversityLevel Students in Jordan. International Bulletin of Business AdministrationISSN: 1451-243X Issue 10 (2011).Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Bisnis, ed Sembilan, Alfabeta, Bandung

Published
2018-06-08
How to Cite
Aisyah Solehati, S.E., M.M. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Kepada Keputusan Mahasiswa Untuk Kuliah Di Politeknik LP3I Bandung). ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 4(1), 1-9. https://doi.org/10.38204/atrabis.v4i1.289