PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN SUSU ZEE DI PT. CATUR SENTOSA ANUGERAH
Abstract
Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu saluran distribusi sebagai variabel bebas (X) dan volume penjualan sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh saluran distribusi terhadap volume penjualan susu zee di PT. Catur Sentosa Anugerah. Data yang digunakan oleh peneliti adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuisioner. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh dari saluran distribusi terhadap volume penjualan susu zee di PT. Catur Sentosa Anugerah. Untuk mengetahui pengaruh variabel tersebut digunakan regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisen determinasi dan uji hipotesis (uji T) dengan menggunakan SPSS 23.Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan metode statistik regresi linier sederhana Y= 1,148 + 1,081 X yang menunjukan pengaruh saluaran distribusi (X) terhadap volume penjualan (Y) adalah positif. Selanjutnya hasil pengujian koefisien korelasi menunjukan nilai korelasi dari kedua variabel yaitu saluran distribusi dan volume penjualan sebesar 0,865 dengan arah hubungan yang positif dan dalam tingkat hubungan sangat kuat serta signifikan.Selanjutnya hasil pengujian hipotesis, uji T sebesar 14,035 dengan sig 0,000. diperoleh t tabel sebesar 1,6682 dengan kata lain T hitung lebih besar dari T tabel (14,035 > 1,6682). Jadi dapat disimpulkan Ho di tolak dan Ha diterima, atau dapat di artikan bahwa saluran distribusi berpengaruh terhadap volume penjualan atau terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara saluran distribusi terhadap volume penjualan susu zee di PT. Catur Sentosa Anugerah Bandung. Besarnya koefisien determinasi adalah 0,749 (75%) yang artinya saluran distribusi memberikan pengaruh sebesar 75% terhadap volume penjualan dan sebesar 25% dipengaruhi oleh faktor lain.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
A. BUKU ILMIAH
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta : Jakarta.
Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran, Rajawali Pers :Jakarta.
.Basu, Swastha.(2001). Manajemen Penjualan, BFSE:Yogyakarta.
Basu, Swastha DH. (1999). Asas-Asas Marketing. Liberty : Yogyakarta.
Buchari, Alma. (2005). Manajemen Pemasaran dan pemasaran jasa, Alfabeta : Bandung.
Djasmin. Saladin. (2004). Manajemen Pemasaran. Linda Karya : Bandung .
Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Badan Penerbit UNDIP : Semarang
Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alpabetha : Bandung.
Kodrat, Davt Sukardi. (2009). Manajemen Distribusi. Graha Ilmu : Yogyakarta.
Kotler, Philip dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Erlangga : Jakarta.
Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran, Erlangga:Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller.(2007). Manajemen Pemasaran, PT. Indeks :Jakarta.
Mulyadi, (2005). Akuntansi Biaya. UPPAMP YKPN : Yogyakarta.
Nickels, Willian G. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty Offset :Yogyakarta.
Simamora, Henry. (2000). Manajemen Pemasaran Interasional . Salemba Empat : Jakarta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Alfabetha:Bandung.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabetha : Bandung.
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi 3, Andi : Yogyakara.
Tjiptono, Fandy. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Andi: Yogyakarta.
B. DOKUMEN :
Guntari, Vani Widyanti. 2010. Peranan Saluran Distribusi dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Makmur Nanjung. Skripsi. Program Strata -1 Universitas Widyatama(dipublikasikan)
Irkhamnillah, Mukh. 2010. Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pocari Sweat pada UD. Borobudur Jombang. Skripsi. Program Strata S-1 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (Dipublikasikan)
Sa’idah, Lely. 2009. Pengaruh Saluran Distribusi dan Harga terhadap Volume Penjualan pada Industri Rumah Tangga Sodok Desa Karangrejo. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. (Dipublikasikan).
Muflichah, Inayati Rakhmi, 2008. Analisis Pengaruh Saluran Distribusi dan Promosi Dalam Usaha Peningkatan Volume Penjualan pada CV. Karunia Rafma di Sukoharjo. Skripsi. Universitas Muhammadyah Surakata.
Indriani, Ira. 2018. Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan pada PT. Sinar Kalimantan Berau Tanjung Redeb. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhamadiyah.
C. WEBSITE
http://digilib.uin-suka.ac.id/
http://repository.widyatama.ac.id
