Pemanfaatan Digital Marketing pada pengerajin Tahu Bungkeng Kabupaten Sumedang

  • Nuslih Jamiat, SE.,M.M. 1, Teti Sumarni,S.S.,M.Si.2
Keywords: Digital Marketing, UMKM.

Abstract

Perkembangan digital  marketing pada masyarakat semakin pesat dengan sering menggunakakan sarana internel dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari seperti membeli produk makanan, pakaian, alat transportasi dan lain sebagainya. Namun perkembangan pengguna internet yang cukup pesat di Indonesia rupanya belum diimbangi dengan penggunaan digital marketing oleh pelaku bisnis di Indonesia. Pemanfaatan pemasaran produk oleh pelaku bisnis di Indonesia melalui media digital / digital marketing masih belum mamsimal, sesuai informasi hasil riset dari Mckinsey bahwa, baru ada sekitar 30% pengusaha di Indonesia yang menggunakan instrument digital dalam mengembangkan usahanya. Untuk itu para pelaku bisnis termasuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) memiliki peran yang sangat penting dalam laju perkembangan ekonomi Indonesia di masa sekarang dan akan datang dan terciptanya banyak lapangan kerja untuk masyarakat Indonesia yang akhirnya dapat mensejaterakan ekonomi bangsa Indonesia.Tujuan penelitian ini untuk melihat sejauhmana penerapan Digital Marketing pada pelaku UMKM kuhusnya di Kab. Sumedang yaitu pada pengerajin Tahu Bungkeng Sumedang, dan sejauh mana pengeruh Digital Marketing terhadap kemajuan usaha pengerajin Tahu Bungkeng tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016). Digital Marketing: A Framework, Review and

Research Agenda. International Journal of Research in Marketing .

Kemp, S. (2017, February 16). Retrieved February 18, 2017, from

http://wearesocial.com/: http://wearesocial.com/blog/2017/0 2/digital-southeast-

asia-2017

Khan, F., & Siddiqui, K. (2013). The Importance of Digital Marketing: An Exploratory Study

to Find The Perception and Effectiveness of Digital Marketing amongst The Marketing Proffesionals in Pakistan. Journal of Information Sytems and Operations Management , 1-8.

Maulana, Y. (2017, 2 6). http://swa.co.id/swa/csr-corner/. Retrieved 2 17, 2017, from

http://swa.co.id/: http://swa.co.id/swa/csrcorner/yuswohady-ukm-harusmanfaatkan-perkembangan-digital

Rahayu, E. M. (2012, March 19). http://swa.co.id/swa/trends/marketing/. Retrieved

February 17, 2017, from http://swa.co.id/: http://swa.co.id/swa/trends/marketi ng/digital-marketing-carakomunikasi-dua-arah-acer

Stelzner, M. (2012, April). How Marketers are Using Social Media to Grow Their Business.

Stockdale, R., Ahmed, A., & Scheepers, H. (2012). Identifying Business Value from The

Use of Social Media: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems. Association for Inforamtion System Electronic Library.

Supriadi, C. (2016, November 16). Retrieved February 18, 2017, from

http://www.marketing.co.id: http://www.marketing.co.id/dukung -wirausaha-wanita-lewat-aplikasi-dbsbusinessclass/ Supriadi, C. (2016, October 21). Retrieved February 18, 2017, from http://www.marketing.co.id/: http://www.marketing.co.id/menkop -puspayoga-ukm-harus-manfaatkaninternet/

Utomo, R. M. (2016, October 20). http://m.metrotvnews.com/teknologi/newsteknologi/.

Retrieved February 17, 2017, from metrotvnews.com: http://m.metrotvnews.com/teknologi /news-teknologi/GNGyEMrkpemanfaatan-digital-marketing-diindonesia-masih-minim Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia.

Basu S. Hani H. Analisa prilaku Konsumen, Liberty, Yogyakarta 2007.

Cravens, D.W. and Piercy, N.F.(2006). Strategic Marketing, (8th ed.). NY: McGraw Hill Kuncoro, M. (2009), Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Edisi 3. Jakarta: Penerbit Erlangga

Djaslim Saladin. 2004. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi Ketiga. Bandung : CV. Linda Karya

Kotler, Philip, 2009, Manajemen Pemasaran, edisi 13 jilid II, Erlangga, Jakarta

Rangkuti, Freddy.2006. Analisis SWOT teknik Membedah Kasus Bisnis, cetakan Keempat belas. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sunaryanto, L.T. dan M Tambunan, 2004, Industri Skala Menengah: Potensi dan Peluang Pengembangannya, Dian Ekonomi, Fakultas Ekonomi UKSW, Salatiga.Tambunan, T. (1999). Perkembangan Industri Skala Kecil Di Indonesia. Jakarta: PT. Mutiara Sumber Widya.

Swastha Basu, Azaz-Azaz Marketing, Liberty, Yogyakarta 2004.

Winardi, Manajemen Pemasaran, Tarsito Bandung, 2006.

Published
2019-12-20
How to Cite
Nuslih Jamiat, SE.,M.M. 1, Teti Sumarni,S.S.,M.Si.2. (2019). Pemanfaatan Digital Marketing pada pengerajin Tahu Bungkeng Kabupaten Sumedang . ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 5(2), 67-88. https://doi.org/10.38204/atrabis.v5i2.251