Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT pada Café KopiKitaku Bandung
DOI:
https://doi.org/10.38204/atrabis.v11i1.2503Keywords:
Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Matriks IFE, Matriks EFE, Café KopiKitaku, Daya SaingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat bagi Café KopiKitaku Bandung dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT yang didukung oleh Matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan Matriks EFE (External Factor Evaluation). Pendekatan ini digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang memengaruhi keberlangsungan usaha. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Café KopiKitaku memiliki posisi internal yang kuat dengan skor IFE sebesar 3,590 dan respons yang baik terhadap lingkungan eksternal dengan skor EFE sebesar 3,130. Perbandingan dengan kompetitor menunjukkan posisi KopiKitaku lebih unggul secara kompetitif. Melalui analisis SWOT, dirumuskan empat strategi utama, yaitu strategi pengembangan pasar, pengembangan produk, integrasi horizontal, serta diversifikasi layanan. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha dalam menghadapi dinamika industri kuliner yang kompetitif.
Downloads
References
Amiruddin. (2006). Pengantar Metode Penelitian Hukum. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Anoraga, Pandji. (2009). Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bungin, Burhan. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic Management: Concepts and Cases – A Competitive Advantage Approach (16th Ed). Pearson education.
Farabi, Fari Al. (2020). Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pada Pegadaian Syariah (Studi Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Meulaboh). Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Fatimah, F. N. A. D. (2016). Teknik analisis SWOT. Anak Hebat Indonesia.
Gurel, E. & Tat, M. (2017). SWOT analysis: A theorical review. Journal of international social research, 10(51), 994-1006. https://doi.org/10.17719/jisr.2017.1832
Jati, Makmuri, dan Kusmindari. (2015). “Analisis SWOT dan AHP Dalam Penentuan Strategi Pemasaran di PT Agro Pelindo Sakti (WILMAR)”. Jurnal Mahasiswa Teknik Industri Universitas Bina Dharma dan Dosen Teknik Industri: Palembang.
Jogiyanto. (2005). Sistem Informasi Strategik Untuk Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Andi Offset.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Harlow : Pearson Education Limited.
Latief, Nidaullaili., Mandey, Silvya L., & Tampenawas, Jeffry L. A. (2021). Strategi SWOT Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Rumah Makan Padang Raya Santiago Sario Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 9 No. 2 (2021): JE VOL 9 NO 2 (2021) 1146-1154. https://doi.org/10.35794/emba.v9i2.34359
Lestari, Endah Prapti. (2011). Pemasaran Strategik: Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetititf. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Putri, M. A., Rahayu, A., & Dirgantari, P. D. (2023). Analisis strategi pemasaran menggunakan matriks SWOT, matriks IFE, matriks EFE, dan matriks IE (Studi kasus pada bisnis Banjjagim.id). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(1), 224–234. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i1.20703
Rangkuti, Freddy. (2017). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sedarmayanti. (2014). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Mandar Maju.
Suharti, A. (2018). Strategi pemasaran guna meningkatkan volume penjualan pada UD. ATRE G-1 Kecamatan Sanankulon Blitar (Doctoral dissertation, STIE Kesuma Negara Blitar).
Wijaya, Ronni Andri., & Sari, Desi Permata. (2021). Strategi Pemasaran dengan Analisis SWOT pada Singgalang Minimarket. Jurnal Ekobistek Vol. 10 No. 2 (2021) 151-155. https://jman-upiyptk.org/ojs
Zulfa, J. F., & Rachmawati, I. (2021). The analysis of SWOT dan IE matrix toward marketing strategy PT Bumi Mulia Seed. e-Proceeding of Management, 8(5), 5549–5557. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16057