Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Sentra Industri Sepatu Cibaduyut Bandung
Abstract
Kawasan Sentra Industri Sepatu merupakan salah satu potensi ekonomi lokal yang terdapat di Kota Bandung yang mempunyai kulitas untuk berskala nasional dan internasional. Seiring dengan perkembangan zaman, keberadaan industri sepatu Cibaduyut saat ini berada dalam kondisi yang cukup memperihatinkan, dimana jumlah wisatawan atau pengunjung yang berkunjung ke kawasan wisata belanja atau perdagangan Cibaduyut terus mengalami penurunan.
Keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang manajemen bisnis dan pemasaran yang dimiliki oleh kelompok usaha membuat perlu adanya pemotivasian dan pendampingan terhadap kelompok usaha UMKM agar dapat mengembangkan industry sepatu Cibaduyut secara berkelanjutan. Promosi yang dilakukan Pemerintah Daerah/Pusat juga menjadi permasalahan tersendiri karena generasi muda kita lebih memilih merk dari Negara asing.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi perusahaan dalam mengembangkan bisnis Sepatu Cibaduyut menggunakan analisis SWOT, kemudian implemetasi strategi pengembangan bisnis Sepatu Cibaduyut sehingga bisa membantu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi Sepatu Cibaduyut.
Penelitian produk terapan diharapkan dapat merumuskan strategi manajemen bisnis yang tepat bagi kelompok usaha sehingga dapat membantu dalam menghasilkan produk sepatu yang berkualitas, dapat memberikan daya tarik pada pelanggan dan daya dorong bagi UMKM itu sendiri dalam memasarkan, menjual dan mencari produk yang dibutuhkan pasar dalam jangka waktu yang panjang.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Cravens, D.W. and Piercy, N.F.(2006). Strategic Marketing, (8th ed.). NY: Mc Graw Hill
Kotler, Philip, (2009, Manajemen Pemasaran, edisi 13 jilid II, Erlangga, Jakarta
Kuncoro, M. (2009), Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Edisi 3. Jakarta: Penerbit Erlangga
M. Suyanto. (2005). Artikel : Aplikasi IT untuk UMKM Menghadapi Persaingan Global. Kedaulatan Rakyat. Yogyakarta.
Rangkuti, Freddy. (2006). Analisis SWOT teknik Membedah Kasus Bisnis, cetakan Keempat belas. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sholekan. (2009). E-commerce. Telkom PDC. Bandung.
Soemanagara, Rd. (2008). Strategic Marketing Communication, Konsep Strategis dan Terapan, Graha Ilmu Bandung
Sunaryanto, L.T. dan M Tambunan, (2004), Industri Skala Menengah: Potensi dan Peluang Pengembangannya, Dian Ekonomi, Fakultas Ekonomi UKSW, Salatiga.Tambunan, T. (1999). Perkembangan Industri Skala Kecil Di Indonesia. Jakarta: PT. Mutiara Sumber Widya.
Ward, J., Peppard, J. , (2003). Strategic Planning For Information Systems, John Wiley & Son, West Sussex,.