Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Sentra Industri Sepatu Cibaduyut Bandung

  • Iwan Carialy Irawan, S.E., M.M.1) dan Andina Dwijayanti, S.E., M.M.2)
Keywords: Sentra Industri Sepatu, ekonomi lokal, manajemen bisnis, analisis SWOT

Abstract

Kawasan Sentra Industri Sepatu merupakan salah satu potensi ekonomi lokal yang terdapat di Kota Bandung yang mempunyai kulitas untuk berskala nasional dan internasional. Seiring dengan perkembangan zaman, keberadaan industri sepatu Cibaduyut saat ini berada dalam kondisi yang cukup memperihatinkan, dimana jumlah wisatawan atau pengunjung yang berkunjung ke kawasan wisata belanja atau perdagangan Cibaduyut terus mengalami penurunan.

Keterbatasan  pengetahuan  dan  keterampilan  dalam  bidang manajemen bisnis dan pemasaran  yang  dimiliki  oleh  kelompok  usaha  membuat  perlu  adanya pemotivasian  dan  pendampingan  terhadap  kelompok  usaha  UMKM agar  dapat mengembangkan industry sepatu Cibaduyut secara berkelanjutan. Promosi  yang  dilakukan  Pemerintah Daerah/Pusat  juga  menjadi  permasalahan tersendiri  karena   generasi  muda  kita  lebih memilih  merk   dari  Negara  asing.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi perusahaan dalam mengembangkan bisnis Sepatu Cibaduyut menggunakan analisis SWOT, kemudian implemetasi strategi pengembangan bisnis Sepatu Cibaduyut sehingga bisa membantu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi Sepatu Cibaduyut.

Penelitian  produk terapan diharapkan dapat  merumuskan  strategi  manajemen bisnis yang  tepat  bagi kelompok usaha sehingga dapat membantu dalam menghasilkan produk sepatu yang berkualitas, dapat memberikan daya tarik pada pelanggan dan daya dorong bagi UMKM itu sendiri dalam  memasarkan,  menjual  dan  mencari  produk  yang  dibutuhkan pasar  dalam jangka waktu yang panjang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Cravens, D.W. and Piercy, N.F.(2006). Strategic Marketing, (8th ed.). NY: Mc Graw Hill

Kotler, Philip, (2009, Manajemen Pemasaran, edisi 13 jilid II, Erlangga, Jakarta

Kuncoro, M. (2009), Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Edisi 3. Jakarta: Penerbit Erlangga

M. Suyanto. (2005). Artikel : Aplikasi IT untuk UMKM Menghadapi Persaingan Global. Kedaulatan Rakyat. Yogyakarta.

Rangkuti, Freddy. (2006). Analisis SWOT teknik Membedah Kasus Bisnis, cetakan Keempat belas. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sholekan. (2009). E-commerce. Telkom PDC. Bandung.

Soemanagara, Rd. (2008). Strategic Marketing Communication, Konsep Strategis dan Terapan, Graha Ilmu Bandung

Sunaryanto, L.T. dan M Tambunan, (2004), Industri Skala Menengah: Potensi dan Peluang Pengembangannya, Dian Ekonomi, Fakultas Ekonomi UKSW, Salatiga.Tambunan, T. (1999). Perkembangan Industri Skala Kecil Di Indonesia. Jakarta: PT. Mutiara Sumber Widya.

Ward, J., Peppard, J. , (2003). Strategic Planning For Information Systems, John Wiley & Son, West Sussex,.

Published
2019-12-20
How to Cite
Iwan Carialy Irawan, S.E., M.M.1) dan Andina Dwijayanti, S.E., M.M.2). (2019). Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Sentra Industri Sepatu Cibaduyut Bandung. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 5(2), 16-24. https://doi.org/10.38204/atrabis.v5i2.245