Pengaruh Iklan di Media Sosial Terhadap Keputusan Peserta Didik Dalam Memilih Kampus LP3I (Survey Pada Mahasiswa Kampus LP3I Tasikmalaya, Karawang dan Cirebon)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisispengaruh personal relevance, interactivity, message, brand familiarity dan testimonial terhadap keputusan peserta didik dalam memilih kampus LP3I. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan jenis penelitian survey. Data diperoleh memlalui instrument penelitian berupa kuestioner, wawancara, observasi dan studi dokumen. Jumlah saampel dalam penelitian ini adalah 331 orang peserta didik kampus LP3I ( Tasikmalaya, Karawang dan Cirebon). Dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, ditemukan bahwa secara parsial personal relevance, interactivity, message, brand familiarity dan testimonial mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan peserta didik dalam memilih Kampus LP3I. Disamping itu, secara simultan personal relevance, interactivity, message, brand familiarity dan testimonial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan peserta didik dalam memilih Kampus LP3I.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
A.M, Morissan. 2010. Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Penerbit Kencana
Basu Swastha dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty Offset.
Basu Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Liberty.
Budi Koestoro & Basrowi. 2006. Strategi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yayasan Kampusina: Surabaya.
Buchari Alma. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : CV. Alfabeta.
Boyd, Walker, Larreche. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Darmadi Durianto, dkk. 2003. Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Djaslim Saladin. 2003. Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.
Gitosudarmo, Indriyo. 2000. Manajemen Pemasaran.. Yogyakarta: BPFE
Gibson. 2010. Organisasi: Prilaku Struktur Proses. Jakarta: Erlangga.
Gordon B. Davis. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi Offset.
Kerlinger. 2006. Asas–Asas Penelitian Behaviour. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Managemen, 15th Edition: Pearson.
Lee, Monle & Johnson. Carla. 2011. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif
Global. Jakarta: Kencana.
Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Masruri, M. Hilmi dan Java Creativity. 2015. Membangun SMS Gateway dengan
Gammu & Kalkun. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. 2010. Manajemen Edisi Kesepuluh. Jakarta: penerbit Erlangga.
Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan Penjualan Melalui Social Media. Education,Inc:
ElexGramedia. 2011
Sugiono. 2001. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.
. 2009. Statistik Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.
. 2012. Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Schiffman, Leon G. dan Leslie Lazar Kanuk. 2010. Consumer Behavior Tenth Edition. Pearson Education.
Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Widyaningtyas Sistaningrum. 2002. Manajemen Penjualan Produk,. Yogyakarta: PT. Taristo.
Jurnal Penelitian:
Bagas dan Zuhroh. 2016. Pengaruh Promosi Di Media Sosial dan Word of Mouth Terhadap Keoutusan Pembelian. Jurnal Komunikasi: 145-160. Vol. 10 No. 2.
Bamba, F., & Barnes, S. J. 2007. SMS Advertising, Permission and The Consumer: A Study. Business Process Management Journal: 815-829. Vol. 13. No. 6.
Bruno Schivinski, dkk. 2016. Dampak dari brand communication terhadap brand equity melalui Facebook . Jurnal Penelitian Pemasaran Interaktif: 31-53. Vol. 9 Terbitan: 1.
Bruno Schivinski. 2016. Efek komunikasi media sosial terhadap persepsi konsumen terhadap merek . Journal of Marketing Communications: Volume 22. No. 2.
Campbell, Damin. E and Wright, Ryan T. 2008. Shut-Up I Don’t Care: Understanding the role of relevance and interactivity on customer attitude toward repetitive online advertising. Journal of Electronic Commerce: 62. Vol.9. No.1.
Coyle, J. R. dan E. Thorson. 2001. The Effects of Progressive Levels of Interactivity and Vividness in Web Marketing Sites. Journal of Advertising: 65-77. Vol. 30. No. 3
Deru dan Cindy. 2017. Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan: 25-31. Vol. 1. No. 1.
Ekasari, Novita. 2014. Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pembiayaan Kendaraan. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora: 81-102. Vol. 16. No. 2.
Gita, dkk. 2016. Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementerian Pariwisata (Studi Kasus Pada Akun Instagram @INDTTRAVEL. Jurnal Sosioteknologi: 378-389. Vol. 15 No. 3.
Hening Ary Putra. 2014. Pengaruh Iklan Online Melalui Media Facebook Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Studi Manajemen: 1-15. Vol. 8 No. 1.
Katja Hutter, dkk .2013.. Dampak interaksi pengguna di media sosial terhadap kesadaran merek dan niat membeli: kasus MINI di Facebook . Jurnal Manajemen Produk & Merek: 342-351. Vol. 22 No. 5/6.
Novia dan Jerry. 2012. Analisa Pengaruh Harga, Promosi dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shope Snexian Melalui Facebook. Jounal of Business Strategy and Execution: 131-161. Vol. 5 No. 2.
Risman, Vebrina Putri. 2017. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Garam Lossa ”,Jurnal Manajemen Bisnis: 1-12. Vol. 9 No. 4.
Rodney Graeme Duffett. 2016. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Media Sosial Terhadap Sikap Konsumen Muda. Jurnal Konsumen Muda: 19-39. Vol. 18 No. 1.
Sugiarto, Citra Putri. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis: 594-603. Vol. 5. No. 1.
Springer Gabler, Wiesbaden. 2015. Dampak Interaksi Pengguna dalam Media Sosial tentang Kesadaran Merek dan Niat Pembelian: Kasus MINI di Facebook. ISBN 978-3-658-02349-2.
Walid Nabil, dkk. 2016. Dampak Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Pembelian Keputusan. ISSN 2349-0330: 14-28. Vol. 4 Edisi 1.
Zahrotul Umami. 2015. Social Strategiy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata. Jurnal Interaksi: 195-201. Vol. 4 No. 2.
